Rizky Aulya, 200201152 (2025) Pengaruh Interaksi antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran PAI Kelas XI SMAN 11 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Pengaruh Interaksi antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran PAI Kelas XI SMAN 11 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FINAL R.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
![[thumbnail of Pengaruh Interaksi antara Guru dan Siswa dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran PAI Kelas XI SMAN 11 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FINAL R - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Interaksi dalam proses belajar mengajar adalah inti dari aktivitas pendidikan. Peran guru juga sangat penting dalam melaksanakan tugasnya, Motivasi membantu mengarahkan peserta didik menuju pengalaman belajar yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran PAI, untuk mengetahui gambaran motivasi siswa, serta untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh interaksi guru dalam meningkatkan motivas belajar siswa pada pembelajaran PAI kelas XI SMAN 11 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan penelitian Mixed Method dengan menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif, dengan jenis penelitian deskriptif analisis dan deskriptif korelasional, subjek penelitian ini sebanyak 34 responden kelas XI-4. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara , dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran PAI diperoleh bahwa 26 siswa dengan 76% , dan 8 siswa dengan 24% dengan kategori tinggi, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa interaksi guru di kelas tergolong dalam kategori sedang. (2) Motivasi belajar siswa diperoleh bahwa 29 siswa dengan persentase 85% , dan 8 siswa dengan persentase 24% dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa di kelas tergolong sedang. (3) Berdasarkan uji determinasi (R Square) untuk melihat pengaruh yang diberikan variabel bebas (X) terhadap variabel (Y), menunjukan besarnya pengaruh interaksi terhadap motivasi siswa di kelas XI-4 sebanyak 34% dan selebih nya hanya 66% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak teliti. Berdasarkan nilai ttabel diketahui nilai thitung sebesar 4,027 > ttabel sebesar 1.693 dengan tingkat signifikan sebesar 0,00 < 0,05. Dengan demikian nilai sig adalah 0,00 < 0,05 maka ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh dari interaksi guru (X) terhadap meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI di SMA Negeri Banda Aceh (Y).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Rizky Aulya Rizky |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 03:47 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 03:47 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41368 |