Penerapan Metode Baghdadi Dalam Mengenalkan Bacaan Al-Qur’an Pada Anak Di PAUD Ayeum Mata Abdya

Ririn Maulita, 200210030 (2025) Penerapan Metode Baghdadi Dalam Mengenalkan Bacaan Al-Qur’an Pada Anak Di PAUD Ayeum Mata Abdya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Baghdadi Dalam Mengenalkan Bacaan Al-Qur’an Pada Anak Di PAUD Ayeum Mata Abdya] Text (Penerapan Metode Baghdadi Dalam Mengenalkan Bacaan Al-Qur’an Pada Anak Di PAUD Ayeum Mata Abdya)
Ririn Maulita, 200210030, FTK, PIAUD - cover-bab I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Penerapan Metode Baghdadi Dalam Mengenalkan Bacaan Al-Qur’an Pada Anak Di PAUD Ayeum Mata Abdya] Text (Penerapan Metode Baghdadi Dalam Mengenalkan Bacaan Al-Qur’an Pada Anak Di PAUD Ayeum Mata Abdya)
Ririn Maulita, 200210030, FTK, PIAUD.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Al-Qur'an adalah kitab suci bagi umat Islam yang menjadi pedoman dalam menjalankan ajaran agama. Mengenalkan Al-Qur'an pada anak sejak dini merupakan langkah penting dalam membangun dasar agama yang kuat. Berdasarkan hasil observasi di PAUD Ayeum Mata Abdya dilihat bahwa anak- anak masih belum mengerti dengan tanda bacaan Al-Qur’an dikarenakan guru langsung mengajarkan dengan bunyi bacaan tanpa mengenalkan tanda bacaan Al- Qur’an kepada anak. Dalam penelitian ini menerapkan metode baghdadi yang dikemas dalam kegiatan eksperimen. Tujuan penelitian ini untuk melihat apakah penerapan metode baghdadi dapat mengenalkan bacaan Al-Qur'an pada anak di PAUD Ayeum Mata bertepatan di desa Pante Raja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain one group pre-test dan post-test. Teknik analisis data yaitu uji normalitas, uji-t, dan uji hipotesis. Populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan anak kelas B, berumur 5-6 tahun yang berjumlah 09 orang anak. Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan didapatkan hasil yang dibuktikan dengan nilai signifikan yaitu 0,00  0,005 dan nilai t-hitung (4.400) lebih besar dari t-tabel (2.306), yang artinya Ho ditolak Ha diterima, hasil penelitian tersebut menggunakan SPSS 27. Sehingga dari hasil tersebut dapat kita simpulkan bahwa Metode Baghdadi dapat mengenalkan tanda bacaan Al-Qur'an pada anak di Paud Ayeum Abdya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode Baghdadi, Bacaan Al-Qur’an, Anak Usia Dini
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ririn Maulita
Date Deposited: 16 Jan 2025 03:46
Last Modified: 16 Jan 2025 03:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41374

Actions (login required)

View Item
View Item