Peran Guru Perempuan Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Muallaf Pada Yayasan Pembinaan Dan Pendampingan Muallaf Aceh (P2MA) Kota Banda Aceh

Adir Tia Pradiansah, 210303110 (2025) Peran Guru Perempuan Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Muallaf Pada Yayasan Pembinaan Dan Pendampingan Muallaf Aceh (P2MA) Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Ushuluddin dan Filsafat.

[thumbnail of Peran Guru Perempuan Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Muallaf Pada Yayasan Pembinaan Dan Pendampingan Muallaf Aceh (P2MA) Kota Banda Aceh] Text (Peran Guru Perempuan Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Muallaf Pada Yayasan Pembinaan Dan Pendampingan Muallaf Aceh (P2MA) Kota Banda Aceh)
Adir Tia Pradiansah, 210303110, FUF, IAT.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Perempuan sebagai seorang guru memegang peranan penting dalam masyarakat. Terlebih pada mereka yang baru saja memeluk agama Islam (muallaf), pastinya sangat membutuhkan bimbingan dalam proses membaca Al-Qur’an. Namun, kenyataannya masih terdapat diantaranya mengalami kendala dan hambatan sehingga memerlukan perhatian khusus berupa bimbingan dan pendampingan dalam membaca Kitabullah. Di Aceh sendiri terdapat salah satu yayasan muallaf yang berbasis pembinaan dan pendampingan dengan pendekataan Al-Qur’an. Yayasan Pembinaan dan Pendampingan Muallaf Aceh. (YP2MA) merupakan lembaga swadya masyarakat dengan program unggulannya yaitu Pengajian Muallaf Al-Hilal. Dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif analitis diharapkan penelitian ini dapat memberi pemahaman yang mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru perempuan tidak hanya memberikan bimbingan teknis dalam membaca Al-Qur'an tetapi juga membangun motivasi, serta kepercayaan diri pada pendekatan personal yang empatik dan sensitif terhadap kebutuhan emosional muallaf. Model pembelajaran yang dilaksanakan pun sistematis dan terstruktur. Hambatan utama yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu akibat kesibukan pekerjaan muallaf, tekanan sosial dari lingkungan, dan keterbatasan sarana belajar. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan kapasitas mentor perempuan, dukungan fasilitas pembelajaran, serta penguatan kelembagaan untuk meningkatkan efektivitas program.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Adir Tia Pradiansah
Date Deposited: 16 Jan 2025 04:57
Last Modified: 16 Jan 2025 04:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41386

Actions (login required)

View Item
View Item