Sitta Safira, 210204002 Analisis Hasil Belajar Fisika Ditinjau dari Gaya Belajar Peserta Didik Tingkat Sekolah Menengah Atas: Kajian Meta-Analisis. PHI Jurnal Pendidikan Fisika & Terapan.
![[thumbnail of Sitta Safira, 210204002, FTK, PFS, 082239622049.pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sitta Safira, 210204002, FTK, PFS, 082239622049.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (321kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis artikel-artikel yang berkaitan dengan analisis hasil belajar fisika ditinjau dari gaya belajar peserta didik tingkat Sekolah Menengah Atas dengan menggunakan pendekatan meta-analisis. Penelitian ini dirancang sebagai meta-analisis terhadap hasil-hasil penelitian terdahulu yang diterbitkan dalam rentang waktu 2015-2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar visual paling dominan dalam mendukung pemahaman konsep fisika melalui media seperti gambar dan grafik, disusul oleh gaya auditori yang efektif dalam diskusi, serta gaya kinestetik yang bermanfaat dalam pembelajaran berbasis praktik. Namun demikian, faktor lain seperti motivasi dan metode pengajaran juga memiliki pengaruh terhadap hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini memperoleh bahwa gaya belajar bukan satu-satunya faktor yang berpengaruh terhadap hasil belajar fisika dan menekankan pentingnya pendekatan pembelajaran multimodel untuk meningkatkan hasil belajar fisika secara efektif dan inklusif.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Sitta Safira |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 05:41 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 05:41 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41416 |