Veni Indrianingsih, 200204004 (2025) Pengembangan Video Animasi Fisika Berbantuan Sparkol VideoScribe Pada Materi Teori Kinetik Gas Tingkat SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Veni Indrianingsih, 200204004, FTK, PFS, 082284382057.pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Veni Indrianingsih, 200204004, FTK, PFS, 082284382057.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (13MB)
Abstract
Pembelajaran di kelas yang hanya berpusat pada guru dan bergantung pada buku paket dianggap kurang efektif pada materi teori kinetik gas, karena memerlukan visualisasi dalam proses belajarnya. Hal ini mengakibatkan peserta didik kesulitan memahami konsep dalam materi teori kinetik gas, yang melibatkan banyak perhitungan kompleks dan rinci. Diperlukan pemahaman konsep dasar terlebih dahulu agar bisa menguasai materi teori kinetik gas, peserta didik juga memerlukan pemahaman mendalam yang dihubungkan dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, diperlukan pengembangan video animasi fisika agar dapat memberikan pemahaman kepada peserta didik mengenai materi teori kinetik gas serta menjadi media pembelajaran yang dapat digunakan dimana saja untuk mengkaji kembali materi teori kinetik gas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meninjau desain, menguji kelayakan, dan kepraktisan video animasi fisika berbantuan Sparkol VideoScribe pada materi Teori Kinetik Gas tingkat SMA/MA. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model pengembangan Alessi dan Trollip. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa lembar validasi dan lembar angket kepraktisan dengan skala likert yang diberikan kepada ahli media dan ahli materi serta peserta didik. Untuk analisis data pada penelitian ini menggunakan formula aiken. Hasil pengembangan menunjukkan desain telah melaui tiga tahap yakni perencanaan, perancangan dan pengembangan. Kelayakan atau kevalidan ahli media mendapatkan indeks validitas 0,90 dengan kriteria validitas tinggi, ahli materi memperoleh indeks validitas 0,92 dengan kriteria validitas tinggi dan uji beta mendapatkan hasil 93,83% kategori sangat layak. Video yang dikembangkan sudah layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika tingkat SMA/MA.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Veni Indrianingsih |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 04:54 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 04:54 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41423 |