Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Media Magic Box Terhadap Hasil Belajar Siswa ada Pembelajaran IPAS Kelas IV MIN 11 Banda Aceh

Icha Muliati, 200209163 (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Media Magic Box Terhadap Hasil Belajar Siswa ada Pembelajaran IPAS Kelas IV MIN 11 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Media Magic Box Terhadap Hasil Belajar Siswa ada Pembelajaran IPAS Kelas IV MIN 11 Banda Aceh] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Media Magic Box Terhadap Hasil Belajar Siswa ada Pembelajaran IPAS Kelas IV MIN 11 Banda Aceh)
SKRIPSI ICHA MULIATI 200209163 BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (947kB)
[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Media Magic Box Terhadap Hasil Belajar Siswa ada Pembelajaran IPAS Kelas IV MIN 11 Banda Aceh] Text (Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Media Magic Box Terhadap Hasil Belajar Siswa ada Pembelajaran IPAS Kelas IV MIN 11 Banda Aceh)
SKRIPSI ICHA MULIATI 200209163.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar yang tidak maksimal saat proses pembelajaran. Hasil belajar rendah yang diperoleh siswa disebabkan oleh minimnya penggunaan model pembelajaran yang inovatif. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan hasil belajar adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang menuntut siswa aktif dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan menggunakan model Direct instruction berbasi media magic box. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran direct instruction media magic box terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS kelas IV MIN 11 Banda Aceh. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif yaitu jenis penelitian ini quasi experimental (eksperimen semu) dengan nonequivalent control group design. Dalam penelitian ini, pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV-1 berjumlah 29 siswa dan siswa kelas IV-2 berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang terdiri dari pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan paired sample test dengan bantuan SPSS (Statistical Program for Social Science) versi 24.0. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan paired sample test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran direct Instruction terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV pada materi gaya dan pemanfaatannya di MIN 11 Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Icha Muliati
Date Deposited: 16 Jan 2025 04:57
Last Modified: 16 Jan 2025 04:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41438

Actions (login required)

View Item
View Item