Analisis Kesulitan Guru Ipa Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Pada Smp Sederajat Pada Kabupaten Aceh Barat Daya

Ilham Firnando Irsyadi, 190204077 (2025) Analisis Kesulitan Guru Ipa Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Pada Smp Sederajat Pada Kabupaten Aceh Barat Daya. Analisis Kesulitan Guru Ipa Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Pada Smp Sederajat Pada Kabupaten Aceh Barat Daya, 11 (1): 1. pp. 1-11.

[thumbnail of Analisis Kesulitan Guru Ipa Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka] Text (Analisis Kesulitan Guru Ipa Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka)
Ilham Firnando Irsyadi_Analisis Kesulitan Guru Ipa Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Pada Smp Sederajat Pada Kabupaten Aceh Barat Daya.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (349kB)

Abstract

Kurikulum merdeka diperkenalkan secara resmi pada tahun 2021. Sejak saat itu kurikulum Merdeka mulai diterapkan secara bertahap. Sekolah-sekolah yang ada di Aceh Barat Daya, diantaranya adalah di SMPN 1 Susoh Aceh Barat Daya, SMPN 3 Susoh Aceh Barat Daya, dan MTsN 1 Aceh Barat Daya menerapkan Kurikulum Merdeka namun belum sempurna. Hal ini terlihat dari hasil observasi peneliti ketika observasi ke sekolah-sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan khususnya guru IPA dalam menerapkan kurikulum merdeka dan bagaimana guru IPA mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan guru IPA dalam menerapkan kurikulum merdeka yang terjadi dalam penerapan mata pelajaran IPA di SMPN 1 Susoh Aceh Barat Daya, SMPN 3 Susoh Aceh Barat Daya, dan MTsN 1 Aceh Barat Daya adalah dalam perencanaan, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian. Upaya guru IPA untuk mengatasi hal tersebut antara lain menghadiri pertemuan dengan (KKG), mengikuti pelatihan, berkoordinasi dengan sesama guru, guru tidak mewajibkan siswa untuk menghafal tetapi harus memahami materi, guru menulis materi di papan tulis dan membuat lembar kerja siswa, siswa mencatat, melanjutkan proyek kelas di rumah, mencari referensi penilaian dan mengikuti pelatihan penerapan Kurikulum Merdeka.

Item Type: Article
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 541 Kimia fisika
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 542 Teknik, Prosedure, Alat, Perlengkapan Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Ilham Firnando Irsyadi
Date Deposited: 16 Jan 2025 05:33
Last Modified: 16 Jan 2025 05:33
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41445

Actions (login required)

View Item
View Item