Rahmat Aldi, Aldi (2025) PENGEMBANGAN E- MODUL PEMBELAJARAN PLTS BERBASIS SOLAR TRACKER PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMK NEGERI 1 DARUL KAMAL ACEH BESAR. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.
![[thumbnail of Rahmat Aldi, 180211030, FTK, PTE.pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rahmat Aldi, 180211030, FTK, PTE.pdf
Download (5MB)
Abstract
Modul merupakan sebuah dokumen yang disusun untuk menciptakan
peserta didik belajar mandiri atau dengan bimbingan guru. Berdasarkan
hasil wawancara dengan guru di SMKN 1 Darul Kamal, perlu adanya
sebuah modul pembelajaran terkait dengan materi PLTS berbasis Solar
Tracker. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendesain e
modul berbasis solar tracker pada mata pelajaran Instalasi Tenaga
Listrik. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan
dari e-modul dan tanggapan peserta didik terhadap e-modul yang telah
dikembangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode R&D dengan menggunakan model penelitian Allesi dan
Trollip. Hasil penelitian ini adalah berupa e-modul pembelajaran PLTS
berbasis Solar Tracker dengan menggunakan aplikasi Canva dan
Flipbuilder. Berdasarkan hasil uji validasi ahli media diperoleh skor
kelayakan yaitu 93% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan hasil
uji validasi ahli materi diperoleh skor sebesar 89% dengan kategori
“Sangat Layak”. Untuk hasil tanggapan peserta didik memperoleh skor
sebesar 78% dengan kategori “Menarik”. Dari hasil uji kelayakan dan
hasil tanggapan peserta didik, dapat disimpulkan bahwa e-modul Solar
Tracker ini sangat layak dan peserta didik tertarik terhadap
pengembangan e-modul berbasis solar tracker pada mata pelajaran
Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Rahmat Aldi |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 05:01 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 05:01 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41463 |