Analisis Pelaksanaan Program Baca Al-Qur’an di SDIT Al-Latif Gampong Lada Kecamatan Mutiara Timur

Muhammad Zufar Mubarak, 200201059 (2025) Analisis Pelaksanaan Program Baca Al-Qur’an di SDIT Al-Latif Gampong Lada Kecamatan Mutiara Timur. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of Implementasi, Program, Baca Al-Qur’an] Text (Implementasi, Program, Baca Al-Qur’an)
Muhammad Zufar Mubarak, 200201059, FTK, PAI, 082272594916.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Banyak ditemukan pada era sekarang ini umat islam yang masih banyak memiliki keterbatasan dalam kemampuan membaca Al-Qur’an. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, yayasan SDIT Al-Latif Gampong Lada Kecamatan Mutiara Timur mengimplementasikan sebuah program pembelajaran Al-Qur’an yang disebut dengan program baca Al-Qur’an dengan tujuan siswa mampu membaca Al- Qur’an dengan baik dan benar serta mampu menghafal ayat-ayat Al-Qur’an. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah pelaksanaan program baca Al-Qur’an di SDIT AL-LATIF Gampong Lada Kecamatan Mutiara Timur? (2) Apa saja dampak program baca Al-Qur'an terhadap kemampuan membaca Al-Qur'an siswa di SDIT Al-Latif? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program baca tulis Al-Qur`an di SDIT AL-LATIF Gampong Lada Kecamatan Mutiara Timur. Untuk menjawab rumusan masalah tersebut digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan program ini dilaksanakan 1 jam per hari dan diwajibkan bagi seluruh siswa, pada hari senin dan rabu dikhususkan tahsin, selasa dan kamis tahfizd, dan hari jum’at membaca Al-Kahfi bersama. Pembelajaran program ini dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok yang sudah lancar membaca Al-Qur’an dan belum lancar membaca Al-Qur’an, Evaluasi dilakukan dengan guru mendengarkan langsung bacaan Al-Qur’an siswa secara individu. Faktor pendukung dari program ini berupa komitmen guru, dukungan dari orang tua, lingkungan yang mendukung, dan metode yang efektif. Sedangkan faktor penghambat dari program ini yaitu tingkat keterampilan siswa yang beragam, kurangnya dukugan dari lingkungan sekitar, kendala teknis dan kesehatan. Program baca Al-Qur'an memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan kemampuan siswa, khususnya dalam aspek kelancaran bacaan, tajwid, dan kepercayaan diri.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Zufar Mubarak Zufar
Date Deposited: 16 Jan 2025 05:31
Last Modified: 16 Jan 2025 05:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41493

Actions (login required)

View Item
View Item