Penerapan Metode SQ4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Maharah Qiraah (Penelitian Eksperimen di MTsN 2 Banda Aceh)

Al-Ansar Raihan Sufie, 210202170 (2025) Penerapan Metode SQ4R Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Maharah Qiraah (Penelitian Eksperimen di MTsN 2 Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of membahas tentang metode pembelajaran] Text (membahas tentang metode pembelajaran)
Al-Anshar Raihan Sufie, 210202170, FTK, PBA, 082217152252.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Siswa kelas 9 tidak mampu berbahasa Arab, terkhusus pada maharah Qiraah. Mereka tidak mampu memahami apa yang mereka baca dari teks berbahasa Arab. Dan mereka tidak mampu menjawab soal latihan. Ini disebabkan karena guru menggunakan metode pembelajaran yang tidak cocok dengan materi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifitasan metode SQ4R untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap keterampilan membaca. Dan untuk mengetahui respon siswa ketika pembelajaran menggunakan metode SQ4R. Peneliti menggunakan Experiment Research. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MTsN 2 Banda Aceh tahun ajaran 2024/2025 yang berjumlah 729 siswa. Adapun sampel penelitian ini adalah kelas 9 (a) yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode SQ4R efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa terhadap keterampilan membaca dengan nilai sig (2-talied) 0,00. Respon siswa positif ketika pembelajaran bahasa Arab menggunakan metode pembelajaran SQ4R dengan nilai 90,3%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Al-Ansar Raihan Sufie
Date Deposited: 16 Jan 2025 05:31
Last Modified: 16 Jan 2025 05:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41519

Actions (login required)

View Item
View Item