Nurul Sa’adah, 210202133 (2025) Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MIN 11 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MIN 11 Banda Aceh.]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nurul Sa’adah, 210202133, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan hasil belajar siswa di MIN 11 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi guru Bahasa Arab dan wakil kepala kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka dilakukan secara bertahap melalui sosialisasi, bimbingan teknis, dan penyesuaian materi pembelajaran. Meskipun menghadapi berbagai kendala, seperti rendahnya minat siswa terhadap Bahasa Arab dan perbedaan materi dengan kurikulum sebelumnya, guru mampu mengatasinya dengan pendekatan diferensiasi, penggunaan media pembelajaran yang variatif, peningkatan kreativitas, serta sosialisasi kepada orang tua siswa. Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan juga menjadi faktor penting dalam mendukung keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, penerapan Kurikulum Merdeka di MIN 11 Banda Aceh mampu memberikan dampak positif terhadap pembelajaran Bahasa Arab, yang dapat dijadikan referensi bagi sekolah lain dalam mengembangkan proses pembelajaran yang lebih efektif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Nurul Sa’adah |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 05:36 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 05:36 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41537 |