Fadhilah, 190201089 (2025) Implementasi Metode Baghdadi dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Dayah Madinatuddiniyah Babul Mua’rif Gampong Lancok-lancok Bireuen. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Fadilah, 1902089 (2024).pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Fadilah, 1902089 (2024).pdf
Download (2MB)
Abstract
Implementasi Metode Al-Bagdadiyah pada Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Dayah tersebut mengajarkan tentang Pembelajaran Membaca Al-Qur’an pada metode Al-Baghdadiyah agar supaya peserta didik bisa membaca Al-Qur’an dengan ejaan benar dan bisa menguasai huruf- huruf Hijaiyah, dan juga agar bisa memperlancar bacaan peserta didik dengan Fasih dari ejaan lama. Tujuan dari penelitian Untuk mengetahui cara guru mengimplementasikan pembelajaran membaca Al-Qur’an melalui metode Al-Baghdadiyah pada peserta didik di Dayah Madinatuddiniyah Babul Muarif Gampong Lancok-lancok Bireuen, Untuk mengetahui pengaruh metode Al-Baghdadiyah terhadap pembelajaran membaca Al-Qur’an bagi peserta didik di Dayah Madinatuddiniyah Babul Muarif Gampong Lancok-lancok Bireuen, Untuk mengetahui kendala guru dalam meng- implementasikan metode Al-Baghdadiyah di Dayah Madinatuddiniyah Babul Muarif Gampong Lancok- lancok Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, kemudian data tersebut dianalisi melalui teknik triangulasi data. Hasil peneltian menunjukkan Metode Al-Baghdadiyah terbukti efektif dalam pengajaran membaca Al-Qur'an di Dayah melalui pendekatan pembelajaran yang sistematis, interaktif, dan responsif. Strategi seperti pengulangan, tanya jawab, dan belajar berkelompok, dengan pendampingan guru pada setiap kelompok, digunakan untuk meningkatkan kemampuan teknis dan spiritual peserta didik. Metode Al-Baghdadiyah efektif meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an dengan tajwid dan makhraj yang benar, serta membangun rasa percaya diri. Metode ini fleksibel, menyenangkan, dan terstruktur, meski ada perbedaan persepsi terkait percepatan pembelajaran dan penguasaan tajwid. Metode Al-Baghdadiyah di Dayah menghadapi kendala seperti keterbatasan sumber daya, pelatihan guru, fasilitas, dan alokasi waktu, meski sesuai dengan sebagian besar peserta didik. Upaya guru memberikan bimbingan pribadi tetap terhambat oleh kurangnya dukungan dan fasilitas
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fadhilah Fadhilah |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 05:41 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 05:41 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41538 |