Analisis Strategi Marketing Melalui Fitur Live Aplikasi Media Sosial dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen Menurut Perspektif Etika Bisnis Islam (Study Kasus di Warung Nasi Goreng Amor Ulee Kareng Banda Aceh)

Fitratul Ambyya, 190602095 (2025) Analisis Strategi Marketing Melalui Fitur Live Aplikasi Media Sosial dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen Menurut Perspektif Etika Bisnis Islam (Study Kasus di Warung Nasi Goreng Amor Ulee Kareng Banda Aceh). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Strategi Pemasaran, Media Sosial Live,  Peningkatan Konsumen, Etika Bisnis Islam] Text (Strategi Pemasaran, Media Sosial Live, Peningkatan Konsumen, Etika Bisnis Islam)
Fitratul Ambyya, 190602095, FEBI, ES, 0895600568750.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Strategi pemasaran menggunakan fitur live di aplikasi media sosial telah menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan jumlah konsumen, yang juga sejalan dengan perspektif etika bisnis Islam, terutama di Warung Nasi Goreng Amor, Ulee Kareng, Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi strategi pemasaran melalui fitur live yang dilakukan oleh Nasi Goreng Amor serta menilai sejauh mana strategi tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui studi pustaka (library research) dan studi lapangan (field research), yang mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pemasaran melalui live streaming telah berhasil meningkatkan jumlah konsumen. Sebelum memanfaatkan fitur ini, pada periode Juni hingga Agustus 2023, mereka hanya mendapatkan sekitar 500 hingga 700 konsumen per bulan. Namun, setelah mulai menggunakan fitur live dari September 2023 hingga Oktober 2024, jumlah konsumen meningkat menjadi 1000 hingga 2000 konsumen per bulan. Fitur live streaming terbukti efektif dalam menarik perhatian calon konsumen dengan pendekatan interaktif dan transparan, seperti menampilkan proses memasak secara langsung, menjawab pertanyaan, dan memaparkan keunggulan produk secara real-time.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Fitratul Ambyya Ambyya
Date Deposited: 16 Jan 2025 05:34
Last Modified: 16 Jan 2025 05:34
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41566

Actions (login required)

View Item
View Item