Rian Ramadhan, 200206037 (2025) Strategi Pimpinan dalam Peningkatan Public Speaking Santri di Pesantren Modern Al-Manar Aceh besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Rian Ramadhan, 200206037 (2024).pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rian Ramadhan, 200206037 (2024).pdf
Download (3MB)
Abstract
Public speaking merupakan salah satu keterampilan penting yang diajarkan di Pesantren Modern Al-Manar Aceh Besar. Public speaking di pesantren ini telah berjalan cukup baik. Namun, ada beberapa hambatan, beberapa santri kurang dalam menyampaikan isi teks yang telah mereka persiapkan. Sebagian juga tidak memiliki kemampuan berbicara yang baik saat berbicara di depan umum. Selain itu, para santri mengalami kecenderungan untuk mempersiapkan teks public speaking dan terlambat menyerahkan teks tersebut kepada ustadz pembimbing mereka di kelas. Akibatnya, beberapa santri menunjukkan kurangnya minat mereka dalam kegiatan berbicara di depan umum. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui perencanaan pimpinan dalam peningkatan public speaking santri di pesantren modern Al-Manar Aceh Besar, untuk mengetahui pelaksanaan pimpinan dalam peningkatan public speaking santri di pesantren modern Al-Manar Aceh Besar, untuk mengetahui pengevaluasian pimpinan dalam peningkatan public speaking santri di pesantren modern Al-Manar Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, kemudian data tersebut dianalisi melalui teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan strategi kepemimpinan dilakukan secara sistematis dan inklusif, melibatkan berbagai pihak, serta dirancang untuk meningkatkan kepercayaan diri dan keterampilan teknis santri dalam berbicara di depan umum. Proses pelaksanaan strategi ini berhasil membangun kepercayaan diri santri melalui pendekatan komunikasi terbuka, pelatihan terstruktur, dan umpan balik konstruktif. Selain itu, penghargaan dan peluang untuk berpartisipasi dalam acara besar turut memotivasi santri untuk terus berkembang. Evaluasi program menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kepercayaan diri dan kemampuan berbicara santri, meskipun aspek tertentu, seperti intonasi dan struktur pidato, masih memerlukan perhatian lebih lanjut. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepemimpinan yang terencana dan terarah memiliki dampak positif terhadap pengembangan keterampilan public speaking di lingkungan pesantren.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Rian Ramadhan Rian |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 05:41 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 05:41 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41570 |