Pengelolaan Kelas Dalam Peningkatan Kreativitas Peserta Didik di MIN 20 Aceh Besar

Yoga Maulana, 200206065 (2025) Pengelolaan Kelas Dalam Peningkatan Kreativitas Peserta Didik di MIN 20 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Yoga Maulana, 200206065 (2024).pdf] Text
Yoga Maulana, 200206065 (2024).pdf

Download (4MB)

Abstract

Pengelolaan kelas yang efektif sangat penting dalam meningkatkan kreativitas peserta didik. Guru di MIN 20 Aceh Besar menghadapi masalah. Sebagian Guru kurang sadar bahwa betapa pentingnya memiliki ruang belajar yang inspiratif, dan mereka juga memiliki kesulitan menggabungkan kreativitas peserta didik . Melalui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kelas, guru berusaha untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan menggerakkan. Para guru juga berusaha untuk memastikan bahwa semua peserta didik berkembang secara optimal. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui perencanaan kelas dalam peningkatkan kreativitas peserta didik di MIN 20 Aceh Besar. Untuk mengetahui pelaksanaan kelas dalam peningkatan kreativitas peserta didik di MIN 20 Aceh Besar. Untuk mengetahui pengevaluasian kelas dalam peningkatan kreativitas peserta didik di MIN 20 Aceh Besar. Penelitian ini menggunankan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian data tersebut dianalisi melalui teknik triangulasi data. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa perencanaan kelas yang sistematis, perhatian terhadap kebutuhan unik peserta didik, dan pengelolaan aktivitas yang efektif dapat membuat lingkungan belajar yang kreatif dan interaktif. Dalam segi pelaksanaaan menunjukkan bahwa strategi pembelajaran interaktif, penataan ruang kelas yang fleksibel, dan pengelolaan waktu yang efektif semuanya terbukti mendorong peserta didik untuk mengeksplorasi, bekerja sama, dan menjadi lebih kreatif. Selain itu, dalam pengevaluasian menunjukkan bahwa pelatihan profesional guru, penghargaan terhadap keberagaman budaya, pendekatan inklusif, dan evaluasi rutin menciptakan suasana pembelajaran yang nyaman dan produktif. Ini meningkatkan partisipasi dan prestasi akademik peserta didik. Studi ini menekankan betapa pentingnya menggunakan pendekatan terpadu dalam mengelola kelas untuk mendukung keberhasilan belajar dan kreativitas peserta didik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Yoga Maulana Maulana
Date Deposited: 16 Jan 2025 05:40
Last Modified: 16 Jan 2025 05:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41585

Actions (login required)

View Item
View Item