Frengki, 180212097 (2025) Perancangan Aplikasi Pengenalan Huruf Abjad Metode Flascard Menggunakan Mit App Inventor Untuk Anak Usia Dini. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Perancangan Aplikasi Pengenalan Huruf Abjad Metode Flascard Menggunakan Mit App Inventor Untuk Anak Usia Dini]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI FRENGKI 180212097 FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (10MB)
Abstract
ABSTRAK
Nama : Frengki
NIM : 180212097
Fakultas/Prodi : Tarbiyah dan Keguruan / Pendidikan
Teknologi Informasi
Judul : Perancangan Aplikasi Pengenalan Huruf Abjad
Metode Flascard Menggunakan Mit App
Inventor Untuk Anak Usia Dini
Bidang Peminatan : Multimedia
Jumlah Halaman : 85
Pembimbing I dan II : Raihan Islamadina, S.T., M.T
Kata Kunci : Metode flashcard, MIT APP Inventor, di TKIT Al-Fityan School Aceh
Bidang pendidikan sangat membutuhkan akses teknologi yang canggih untuk memperbaiki pola mengajar yang semakin baik dan membantu para guru untuk menjelaskan materi pelajaran. Guru yang mengajar siswa PAUD atau TK, yang umumnya masih sulit diatur dan mudah merasa bosan di kelas, perlu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Pengenalan abjad kepada anak usia dini dibutuhkannya metode flascard. Metode flashcard adalah sebuah teknik pembelajaran yang menggunakan kartu-kartu berisi informasi, seperti kata, gambar, atau konsep tertentu, untuk membantu proses menghafal dan mengenal materi secara visual dan interaktif. Berdasarkan observasi awal yang telah saya lakukan di TKIT Al- Fityan School Aceh yang berada di daerah neusu gurunya masih menggunakan media manual menggunakan kartu, sehingga banyak murid masih kurang paham dan kurang menarik bagi mereka, terkadang juga guru merasa capek untuk mengatur para anak. Hasil percobaan diperoleh tingkat kelayakan media pembelajaran sebesar 91% pada ahli media, 93% pada ahli materi, dan 95% pada siswa. Hal ini menandakan Media
Pembelajaran Alfabet mendapat penilaian ‘Sangat Baik’ karena mendapat feedback yang positif dari seluruh pihak yang terlibat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi |
Depositing User: | Frengki Frengki |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 05:48 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 05:48 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41588 |