Syarifah Nurrahmah, 170503131 (2025) Analisis Soft Skill Pustakawan Di Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta Kota Banda Aceh (Studi Kasus Pada Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Dan Serambi Mekah). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.
![[thumbnail of Analisis Soft Skill Pustakawan Di Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta Kota Banda Aceh (Studi Kasus Pada Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Dan Serambi Mekah)]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Syarifah Nurrahmah, 170503131, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (9MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul Analisis Soft Skill Pustakawan di Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta di Kota Banda Aceh. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana Soft Skill Pustakawan di Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta di Kota Banda Aceh. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana Soft Skill Pustakawan di Perpustakaan Perguruan Tinggi Swasta di Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah pemustaka yang berkunjung ke perpustakaan Universitas Muhammadiyah dan Perpustakaan Serambi Mekkah. Hasil penelitian diketahui bahwa Soft Skill Pustakawan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah berdasarkan indikator kemampuan komunikasi, kecerdasan emosional, kemampuan berfikir, etika dan kemampuan kepemimpinan sudah maksimal. Hal ini dilihat dari pustakawan mampu berkomunikasi dengan sopan santun dan tata karma yang baik, membangun hubungan baik dengan pemustaka, bisa memberikan solusi dari keluhan pemustaka serta memberikan contoh yang baik dalam hal memberikan pelayanan yang maksimal kepada pemustaka. Sedangkan untuk pustakawan perpustakaan Universitas Serambi Mekkah berdasarkan lima indicator sudah maksimal, namun diantara kelima indicator tersebut ada dua indicator yang masih kurang maksimal yaitu kecerdasan emosional dan etika. Kecerdasan emosional dilihat dari segi ini, masih adanya pustakawan yang tidak dapat mengontrol emosi kepada pemustaka yang melanggar tata tertib perpustakaan. Pustakawan menegur pemustaka dengan suara yang keras dan mimic wajah yang kurang bagus. Dilihat dari segi etika, pustakawan saat memberikan pelayanan kepada pemustaka menggunakan kata-kata yang sopan serta bersikap santun dan tata krama yang baik. Namun pustakawan belum menampilkan sikap ramah terhadap pemustaka. Terkadang pustakawan dalam memberikan pelayanan belum sepenuhnya hanya karena tuntutan pekerjaan. Soft Skill pustakawan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Kedepannya diharapkan dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Sedangkan untuk Soft Skill pustakawan Perpustakaan Universitas Serambi Mekkah untuk kecerdasan emosional sebaiknya pustakawan belajar untuk dapat mengendalikan emosi dan berusaha menggunakan tutur kata yang bagus dan ekpresi wajah yang baik dan ramah dalam menegur pemustaka.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Syarifah Nurrahmah |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 05:37 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 05:37 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41594 |