Silfiyana, 210202067 (2025) Efektifitas Guessing Game Dengan Menggunakan Media Kartu Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Di MTsN 4 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Efektifitas Guessing Game Dengan Menggunakan Media Kartu Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Di MTsN 4 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Silfiyana, 210202067, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Berdasarkan observasi pertama di MTsN 4 Banda Aceh Peneliti menemukan bahwa siswa tidak dapat membaca teks bahasa Arab dengan benar, misalnya kesalahan dalam membaca baris bahasa Arab dan kesalahan dalam pengucapan huruf, serta mereka merasa bosan dan malas dalam belajar bahasa Arab. Karena guru mengajarkan bahasa Arab dengan cara yang monoton dan tidak menggunakan media pembelajaran. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti menyelidiki efektivitas Guessing Game dengan menggunakan media permainan kartu untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa di MTsN 4 Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi efektivitas penggunaan Guessing Game dengan mennggunakan media kartu untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di MTsN 4 Banda Aceh dan untuk mengidentifikasi respon siswa terhadap permaian Guessing Game dengan menggunakan media kartu untuk meningkatkan kemampuan membaca mereka. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode eksperimen. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan tes dan kuesioner. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di MTsN 4 Banda Aceh yang berjumlah 230 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa dari kelas IX (3). Hasil dari tes menunjukkan bahwa penggunaan permainan Guessing Game dengan media kartu efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan tingkat signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari hasil tingkat signifikansi 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Respon siswa terhadap penggunaan Guessing Game dengan media kartu untuk meningkatkan kemampuan membaca sangat baik dengan persentase skor 83%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Silfiyana Silfiyana |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 05:46 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 05:46 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41608 |