Wulan Asfara, 210202112 (2025) Pengembangan Butir-Butir Tes Bahasa Arab Dengan Menggunakan Wordwall Untuk MTsN 4 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Pengembangan Butir-Butir Tes Bahasa Arab Dengan Menggunakan Wordwall Untuk MTsN 4 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Wulan Asfara, 210202112, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan di MTsN 4 Banda Aceh didapatkan bahwa Ketika butir-butir tes Bahasa arab yang kerap digunakan ialah lembaran-lembaran yang berisikan butir-butir tes yang tampilannya kurang menarik. Sedangkan butir-butir tes tersebut memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi butir-butir tes yang menarik dan inovatif. Maka dari itu, untuk mengatasi masalah ini, dikembangkanlah butir-butir tes Bahasa arab dengan menggunakan wordwall. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: Untuk melihat cara pengembangan item tes bahasa Arab menggunakan Wordwall, dan untuk melihat kebenaran ahli tentang pengembangan item tes bahasa Arab menggunakan, untuk melihat respon siswa dan guru untuk mengembangkan item tes bahasa Arab menggunakan Wordwall. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE. Adapun dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan instrument: lembar validasi dan angket. Data didapatkan dari seorang ahli untuk mendapatkan data kelayakan, seorang guru serta 10 orang siswa untuk melihat respons mereka terhadap butir-butir tes yang telah dikembangkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prosedur pengembangan butir-butir tes Bahasa arab dengan menggunakan wordwall terdiri dari lima rangkaian tahap pengembangan yaitu (ADDIE) Analysis, Design, Development, Implimentation, Evaluate. Berdasarkan hasil validasi ahli, produk ini sudah layak digunakan dan juga mendapat respons yang positif dari murid dan juga guru. Maka, pengembangan ini telah dilakukan dengan baik serta sudah layak digunakan dalam proses belajar dan mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Wulan Asfara |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 03:55 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 03:55 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41616 |