Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Canva pada Materi Radiasi Elektromagnetik di SMA/MA

Muhaimin Kautsar, 180204050 (2025) Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Canva pada Materi Radiasi Elektromagnetik di SMA/MA. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Canva pada Materi Radiasi Elektromagnetik di SMA/MA] Text (Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Canva pada Materi Radiasi Elektromagnetik di SMA/MA)
Skripsi revisi (4).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Canva pada Materi Radiasi Elektromagnetik di SMA/MA] Text (Pengembangan E-Modul Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Canva pada Materi Radiasi Elektromagnetik di SMA/MA)
Skripsi revisi (4) - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan dilapangan, dimana pendidikan fisika menghadapi berbagai tantangan dalam pelaksanaanya. Diantaranya banyaknya peserta didik yang kurang berminat pelajaran fisika dan sebagian peserta didik belum merasakan manfaat mempelajari fisika didalam keseharian. Maka dibutuhkan media pendukung untuk memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Adapun tujuan penelitian ini ialah menghasilkan sebuah produk berupa e-modul berbasis Problem Based Learning menggunakan Canva pada materi radiasi elektromagnetik dan dilakukan uji kelayakan e-modul berbasis Problem Based Learning menggunakan Canva. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model 4D oleh Thiagarajan, yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebarluasan (disseminate). Pengembangan e-modul berbasis Problem Based Learning menggunakan Canva memperoleh hasil penelitian yang diperoleh dari validasi ahli materi sebesar 92% dan dari validasi ahli media sebesar 82,6%, dengan persentase keseluruhan kelayakan e-modul sebesar 87% dengan kriteria sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa (1) Pengembangan e-modul berbasis Problem Based Learning menggunakan Canva didesain dengan video pembelajaran, materi ajar, contoh soal, gambar, dan LKPD Phet Simulation. (2) Kelayakan pengembangan e-modul berbasis Problem Based Learning menggunakan Canva memperoleh persentase keseluruhan kelayakan pengembangan sebesar 87% dengan kriteria sangat layak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Muhaimin Kautsar Kautsar
Date Deposited: 17 Jan 2025 07:54
Last Modified: 17 Jan 2025 07:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41627

Actions (login required)

View Item
View Item