Zikrillah Syahrul, 221004029 (2025) Pengembangan Kitab Al Qiraah Ar Rasyidah dengan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Teks Bacaan (Penelitian R&D di Pesantren Modern Al-Manar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Membahas Tentang Media Pembelajaran]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Zikrillah, 221004029, PPs, PBA, 082262620208.pdf - Published Version
Download (1MB)
Abstract
Setelah dilakukan pemeriksaan yang cermat dan perhatian mendalam, peneliti menemukan masalah yang terjadi pada siswa kelas dua MTsN di Pesantren Al Manar yang disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu: kurangnya latihan keterampilan membaca secara terus-menerus dan bertahap di kalangan siswa, kurangnya perhatian dan pengawasan dari guru saat siswa berlatih keterampilan membaca, serta kesulitan dalam memahami isi teks-teks pelajaran dari mata pelajaran yang diajarkan karena bahasa yang digunakan cukup tinggi dan pemahamannya mendalam. Selain itu, teks-teks tersebut tidak kontekstual dengan kehidupan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mengembangkan Kitab Al Qiraah Ar Rasyidah dengan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Teks Bacaan, serta untuk mengetahui efektivitas penggunaan Kitab Al Qiraah Ar Rasyidah dengan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Pendekatan Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) berdasarkan model Sugiono untuk menyelesaikan penelitian ini.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berdasarkan pendekatan kontekstual dengan metode penelitian dan pengembangan mengacu pada teori Sugiyono mencakup sepuluh langkah: analisis masalah dan potensi, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, perbaikan produk, uji coba produk, perbaikan produk, uji coba aplikasi, perbaikan produk, dan produk akhir. Hasil pengembangan dinilai dengan sangat baik, yaitu 96 % oleh para ahli, yang menunjukkan bahwa Kitab Al Qiraah Ar Rasyidah dengan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Pendekatan Kontekstual sangat layak digunakan untuk mengajar membaca dan efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks bacaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Zikrillah Syahrul |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 07:53 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 07:53 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41691 |