Putri Anggara, 190205094 (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) Terhadap Koneksi Matematis Siswa SMP. Masters thesis, UIN Ar-raniry.
![[thumbnail of Model Connected Mathematics Project (CMP), Kemampuan Koneksi Matematis]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Putri Anggara, 190205094, FTK, PMA, 081229437932.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Kemampuan koneksi matematis adalah kemampuan siswa untuk menemukan hubungan dalam penyajian konsep dan prosedur, pemahaman antar topik matematika, dan kemampuan siswa untuk menerapkan konsep matematika ke dalam bidang lainnya atau kedalam kehidupan nyata. Model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) merupakan salah satu model pembelajaran yang diduga dapat mengembangkan kemampuan koneksi matematis siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) dengan siswa yang diajarkan menggunakan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 4 Badar, sedangkan untuk sampel yaitu siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan koneksi matematis siswa. Adapun hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data, didapat bahwa t_hitung = 2,27 dan t_tabel = 1,68. Jadi, karena t_hitung ≥ t_(tabel )atau 2,27 ≥ 1,68, maka tolak H_0 dan terima H_1. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP) lebih baik daripada kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Putri Anggara Putri |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 07:41 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 07:41 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41700 |