Zulmairi, 190213068 (2024) Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Sosiodrama Dalam Meningkatkan Perilaku Disiplin Siswa Smp Negeri 3 Ingin Jaya Aceh Besar. Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 21 (02): 21. pp. 390-401. ISSN 2715-5307
![[thumbnail of Jurnal Zulmairi.pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Jurnal Zulmairi.pdf
Download (417kB)
Abstract
Disiplin merupakanperilaku yang menunjukan tertib pada aturan dan sikap mental untuk melakukan sesuatu disaat yang tepat serta menghargai waktu. Namun di SMP Negeri Ingin Jaya terdapat beberapa siswa yang memiliki tingkat perilaku disiplin rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama untuk meningkatkan perilaku disiplin siswa di SMPN Ingin Jaya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif berbentuk one grup pretest –posttest. Subjek penelitian berjumlah 24 siswa yang diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur tingkat perilaku disiplin siswa kemudian dilakukan analisis uji t menggunakan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh thitung > ttabel yaitu 16,418>1,714, terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok melalui teknik sosiodrama untuk perilaku disiplin siswa. Dari hasil tersebut diketahui bahwa hipotesis arternatif (Ha) diterima dan hipotest nol (Ho) ditolak. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan perilaku displin siswa dengan diberikan layanan bimbingan kelompok dan teknik sosiodrama.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing 1.Wanti Khaira,M.Ed |
Uncontrolled Keywords: | Jurnal Bimbingan dan Konseling |
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge > 001.1 Kehidupan Intelektual |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Zulmairi Mairi |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 07:10 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 07:56 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41722 |