Tanzilal Firdausi, 200206055 (2025) Pengelolaan Sistem Pembelajaran Digital Dalam Peningkatan Kreativitas Guru Di MIN 1 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Pengelolaan Sistem Pembelajaran Digital Dalam Peningkatan Kreativitas Guru Di MIN 1 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tanzilal Firdausi, 200206055, FTK, MPI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (7MB)
Abstract
Kreativitas sangat diperlukan bagi guru agar mampu menyajikan pembelajaran yang menyenangkan dan membuat siswa semangat untuk belajar. Pembelajaran digital merupakan media pembelajaran praktis dan inovatif sehingga dapat meningkatkan kreativitas dari segi pendidik yang memberi pembelajaran dan juga peserta didik yang menerima pembelajaran. Namun penguasaan pembelajaran digital belum dikuasai oleh seluruh guru pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan sistem pembelajaran digital dalam peningkatan kreativitas guru, pelaksanaan sistem pembelajaran digital dalam peningkatan kreativitas guru, dan evaluasi sistem pembelajaran digital dalam peningkatan kreativitas guru di MIN 1 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu memahami fenomena sosial secara mendalam dengan cara mengumpulkan data deskriptif dengan teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan sistem pembelajaran digital dalam peningkatan kreativitas guru di MIN 1 Banda Aceh dilakukan setiap awal semester dengan mangadakan rapat bersama guru, kepala madrasah, wakil kurikulum, dan pihak platform jelajah ilmu dalam menetapkan sistem pembelajaran digital dengan menyeleksi guru yang memiliki kemampuan lebih dalam teknologi dan informasi agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif dan efesien. (2) Pelaksanaan sistem pembelajaran digital dalam peningkatan kreativitas guru di MIN 1 Banda Aceh telah dilakukan sesuai dengan perencanaan dengan menentukan guru yang akan mengejar digital kemudian diberikan pelatihan khusus baik dari sekolah, platform jelajah ilmu, dan kementerian agama. (3) Pengevaluasian sistem pembelajaran digital dalam peningkatan kreativitas guru di MIN 1 Banda Aceh dilakukan pada setiap akhir semester yang melibatkan guru, wakil kurikulum, kepala madrasah, dengan tujuan untuk mempertahankan kelebihan dan memperbaiki kekurangan dalam pelaksanaan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | TANZILAL FIRDAUSI |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 08:21 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 08:21 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41803 |