Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Elastisitas Jenjang SMA/MA

Heri Furdi Akmal, 180204021 (2025) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Elastisitas Jenjang SMA/MA. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Heri Furdi Akmal, 180204021 (2024).pdf] Text
Heri Furdi Akmal, 180204021 (2024).pdf

Download (5MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu sarana yang digunakan guru untuk meningkatkan kualitas dan mengatasi beberapa masalah pembelajaran. Masalah yang sering dijumpai pada peserta didik salah satunya adalah mengenai pemahaman konsep. Salah satu media pembelajaran yang dapat dirancang untuk mengatasi permasalahan itu adalah media video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan video dan kepraktisan video pembelajaran berbasis kontekstual pada materi elastisitas sehingga dihasilkan produk yang layak digunakan. Penelitian ini mengacu pada metode Research and Development (R&D) dengan model Alessi dan Trollip, yang terdiri dari 3 tahapan (1) Tahap Perencanaan (Planning), (2) Tahap Perancangan (Desain), (3) Tahap Pengembangan (Development). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan pengembangan video dari ahli materi mendapat presentase sebesar 92,87% yang berada pada kategori “Sangat Layak”. Sedangkan tingkat kelayakan pengembangan video dari ahli media mendapat presentase sebesar 83,33% yang berada pada kategori “Sangat Layak”. Respon dari pengguna terhadap video sebesar 93,05% dengan kriteria Sangat Layak. Berdasarkan hasil data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pengembangan video pembelajaran berbasis CTL sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Heri Furdi Akmal Heri
Date Deposited: 17 Jan 2025 07:42
Last Modified: 17 Jan 2025 07:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41838

Actions (login required)

View Item
View Item