Pengembangan Modul Praktikum Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk kelas XI SMA/MA

Novali Dasmi, 190204033 (2025) Pengembangan Modul Praktikum Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk kelas XI SMA/MA. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengembangan Modul Praktikum Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk kelas XI SMA/MA] Text (Pengembangan Modul Praktikum Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk kelas XI SMA/MA)
Novali Dasmi, 190204033, FTK, PFS - cover - bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Pengembangan Modul Praktikum Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk kelas XI SMA/MA] Text (Pengembangan Modul Praktikum Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk kelas XI SMA/MA)
Novali Dasmi, 190204033, FTK, PFS.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penilitian ini dilatarbelakangi oleh ketidak tersidaan modul praktikum khusus melainkan modul hanya diambil dari bahan ajar yang disediakan oleh sekolah dan guru sering mengabaikan kegiatan praktikum di laboratorium yang disediakan oleh sekolah, tetapi hanya sering melakukan kegiatan praktikum dikelas saja. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain dan mengetahui kelayakan modul praktikum fisika berbasis Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research dan Develompent (R&D) dengan model ADDIE yang memiliki beberapa tahapan yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (develompent), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi untuk ahli materi dan ahli media. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh sebesar 89,07% dengan kriteria sangat layak. Hasil validasi oleh ahli materi penilaian memperoleh kelayakan dengan persentase sebesar 91,29% dengan kriteria sangat layak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul praktikum fisika berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk kelas XI SMA/MA sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Modul Praktikum, Problem Based Learning (PBL), Kelas XI
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Novali Dasmi Noval
Date Deposited: 17 Jan 2025 07:09
Last Modified: 17 Jan 2025 07:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41844

Actions (login required)

View Item
View Item