Ulfa Khairawati, 200503098 (2025) Analisis Literasi Al-Qur’an Terhadap Perilaku Siswa Di MTsN 2 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Adab dan Humaniora.
![[thumbnail of Analisis Literasi Al-Qur’an Terhadap Perilaku Siswa Di MTsN 2 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Ulfa Khairawati, 200503098, FAH, IP.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Skripsi ini berjudul “Analisis Literasi Al-Qur’an Terhadap Perilaku Siswa Di MTsN 2 Banda Aceh”. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui apakah (PKH) Program Khatam Harian dapat menigkatkan Literasi Al-Qur’an bagi siswa-siswi di MTsN 2 Banda Aceh dan Untuk mengetahui (PKH) Program Khatam Harian dapat Menumbuhkan Perilaku Siswa- Siswi di MTsN 2 Banda Aceh. Literasi Al-Qur’an adalah suatu kemampuan seseorang dalam penguasaan membaca Al-Qur’an dan memahami risalah yang terkandung dalam Al-Qur’an, memahami tujuannya, riwayatnya dan tafsirannya serta memahami makna dari setiap ayat yang dibaca termasuk didalamnya pendidikan akhlak. Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini ialah Literasi Al-Qur’an Terhadap Perilaku Siswa Di MTsN 2 Banda Aceh. Adapun kriteria informan dalam penelitian ini adalah: (1) Pustakawan di MTsN 2 Banda Aceh. Kriteria: Kepala Perpustakaan. (2) 6 Siswa/siswi di MTsN 2 Banda Aceh. Kriteria: (1) Siswa Kelas III (2) yang sering mengikuti program PKH (3) Yang nilai tinggi (melalui PKH sudah berhasil meraih juara MTQ). Teknik pengumpulan data yang di gunakan untuk memperoleh atau mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah: 1. Observasi, 2. Wawancara, Wawancara dilakukan untuk Tanya jawab dengan pustakawan dan siswa-siswi MTsN 2 Banda Aceh. Pada proses ini peneliti melakukan wawancara dengan 1 orang pustakawan, 6 siswa pada MTsN 2 Banda Aceh tentang kegiatan literasi Al-Qur’an yang dilaksanakan di perpustakaan sekolah MTsN 2 Banda Aceh dan kaitannya dengan peningkatkan Literasi Al-Qur’an dan Menumbuhkan perilaku Siswa-Siswi di MTsN 2 Banda Aceh. 3. Dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Kegiatan (PKH) Program Khatam Harian memberikan dampak yang baik terhadap siswa. Hasil dari Kegiatan (PKH) Program Khatam Harian dapat menambahkan minat bakat siswa dalam membaca Al-Qur’an. Kegitan ini memberikan pendidikan akhlak terhadap siswa dengan memahami isi kandungan Al-Qur’an. 2.Proses Kegiatan (PKH) Program Khatam Harian yaitu melalui tahapan pelaksanaan dimulai dari penetepan jadwal kegiatan literasi Al-Qur’an, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan (PKH) Program Khatam Harian dan yang terlibat dalam kegiatan (PKH) Program Khatam Harian.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | Ulfa Khairawati Ulfa |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 07:43 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 07:43 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41867 |