Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Kepribadian Guru Di SDN 35 Banda Aceh

Alya Fuaddia, 200206027 (2025) Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Kepribadian Guru Di SDN 35 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Kepribadian Guru Di SDN 35 Banda Aceh] Text (Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Kepribadian Guru Di SDN 35 Banda Aceh)
Alya Fuaddi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[thumbnail of Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Kepribadian Guru Di SDN 35 Banda Aceh] Text (Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kompetensi Kepribadian Guru Di SDN 35 Banda Aceh)
Alya Fuaddi - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kompetensi kepribadian guru merupakan salah satu aspek penting dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas, mengingat kepribadian guru merupakan salah satu sisi yang menjadi sorotan agar guru menjadi teladan yang baik. Oleh sebab itu, dibutuhkan strategi oleh Kepala Sekolah dalam peningkatan kompetensi kepribadian guru yang membangun keharmonis dengan peserta didik, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Kepala Sekolah dalam peningkatan kompetensi kepribadian guru di SD Negeri 35 Banda Aceh dan pelaksanaan program yang diterapkan dalam proses tersebut serta kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi-struktur, dan dokumentasi, dengan subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah, WAKA kurikulum, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi Kepala Sekolah mengedepankan pendekatan partisipatif, berfokus pada penciptaan lingkungan kerja positif di mana guru dan staf merasa dihargai. Selain itu, metode pembiasaan yang diterapkan Kepala Sekolah agar mendorong guru memiliki kesadaran diri. (2) Pelaksanaan program peningkatan kompetensi kepribadian guru di SD Negeri 35 Banda Aceh menunjukkan pendekatan yang terstruktur. Kepala Sekolah menekankan komunikasi terbuka dan kolaborasi, yang diyakini dapat meningkatkan motivasi staf. Dalam pelaksanaannya, Kepala Sekolah menerapkan nilai-nilai islami yang berakhlakul karimah pada guru agar menjadi suri tauladan yang baik bagi siswanya. Temuan ini memberikan wawasan penting tentang peran strategis Kepala Sekolah dalam menciptakan sekolah yang unggul dan berakhlakul karimah terhadap kebutuhan Pendidikan (3) Kendala yang dihadapi dalam peningkatan kompetensi kepribadian guru di SD Negeri 35 Banda Aceh menunjukkan bahwa kurangnya komunikasi yang lebih interaktif. Dalam beberapa hal, Kepala Sekolah menghadapi resistensi dari guru apabila komunikasi berjalan kurang baik. Guru dengan karakter dan pengalaman latar belakang yang berbeda-beda berpengaruh pada dukungan dalam peningkatan kompetensi kepribadian guru, sehingga menjadi tantangan tersendiri ketika menyikapi sebuah permasalahan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Alya Fuaddi
Date Deposited: 17 Jan 2025 08:21
Last Modified: 17 Jan 2025 08:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41868

Actions (login required)

View Item
View Item