Marlisa, 221003011 (2025) Pengaruh Persepsi Peserta Didik Pada Pembelajaran PAI Berbasis NHT Terhadap Konsentrasi Belajar (Studi di SMPN 13 dan SMPN 14 Banda Aceh). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Marlisa, 221003011 (2024).pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Marlisa, 221003011 (2024).pdf
Download (4MB)
Abstract
Hubungan antara persepsi dan konsentrasi sangat signifikan dalam konteks belajar. Persepsi peserta didik terhadap lingkungan belajar dan gaya mengajar guru dapat mempengaruhi tingkat konsentrasi mereka.Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apa persepsi peserta didik pada pembelajaran PAI berbasis NHT di SMPN 13 dan SMPN 14 Banda Aceh. (2) Untuk mengetahui apa tingkat konsentrasi belajar peserta didik pada pembelajaran PAI berbasis NHT di SMPN 13 dan SMPN 14 Banda Aceh. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh persepsi peserta didik pada pembelajaran PAI berbasis NHT terhadap konsentrasi belajar di SMPN 13 dan SMPN 14 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan kuesioner. Uji coba instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi Product Moment dengan bantuan SPSS 26.0 for windows. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Persepsi peserta didik pada Pembelajaran PAI berbasis NHT di SMPN 13 Banda Aceh dikategorikan baik dengan perolehan nilai rata rata 73 dan SMPN 14 Banda Aceh dikategorikan baik dengan perolehan nilai 74 (2) Tingkat konsentrasi peserta didik pada Pembelajaran PAI berbasis NHT di SMPN 13 dikategorikan baik dengan perolehan nilai rata-rata 62 dan konsentrasi pada peserta didik SMPN 14 Banda Aceh memperoleh nilai rata-rata 65 dengan kategori baik. (3) Berdasarkan hasil dari analisis hipotesis, uji t pada SMPN 13 Banda Aceh diperoleh nilai t sebesar 3.957 dengan nilai sig sebesar 0.000, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel persepsi terhadap variabel konsentrasi pada SMPN 13 Banda Aceh dan juga berdasarkan analisis hipotesis uji t pada SMPN 14 Banda Aceh diperoleh nilai t sebesar 3.070 dengan nilai sig sebesar 0.005, hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada variabel persepsi terhadap variabel konsentrasi pada SMPN 14 Banda Aceh. Dengan demikian, menciptakan persepsi yang baik di lingkungan belajar sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Marlisa Marlisa |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 07:53 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 07:53 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41910 |