Korelasi Antara Kualitas Free Body Diagram Dengan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Pada Materi Hukum Newton

Aprilla Rizki Maghfirah, 210204017 (2025) Korelasi Antara Kualitas Free Body Diagram Dengan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Pada Materi Hukum Newton. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of hubungan kualitas free body diagram dengan pemahaman konsep fisika] Text (hubungan kualitas free body diagram dengan pemahaman konsep fisika)
Aprilla Rizki Maghfirah, 210204017, FTK, PFS, 082276270997.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[thumbnail of hubungan kualitas free body diagram dengan pemahaman konsep fisika] Text (hubungan kualitas free body diagram dengan pemahaman konsep fisika)
Aprilla Rizki Maghfirah, 210204017, FTK, PFS, 082276270997.docx.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Free Body Diagram merupakan gambaran visual yang tepat dalam fisika untuk menganalisis gaya yang bekerja pada suatu benda. Penerapan Free Body Diagram mempermudah para peserta didik dalam menggambarkan dan menjelaskan gaya secara terstruktur, sehingga berpotensi mendukung pemahaman konsep-konsep fisika, khususnya dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan hukum Newton. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis keterkaitan antara kualitas Free Body Diagram yang disusun oleh peserta didik dengan pemahaman mereka terhadap konsep Hukum Newton. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif korelasional. Instrumen yang digunakan berupa soal tes yang mencakup Free Body Diagram dan pemahaman konsep-konsep fisika. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes tertulis yang memuat soal mengenai kualitas Free Body Diagram serta pemahaman konsep-konsep fisika siswa. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif, yang mencakup uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis melalui uji korelasi, uji signifikansi korelasi, serta uji determinasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh nilai rata-rata kualitas Free Body Diagram sebesar 70,62 dan pemahaman konsep fisika sebesar 60,87. Dari hasil analisis statistik, didapatkan nilai Pearson Correlation sebesar 0,900, diikuti dengan uji signifikansi (uji t) dengan nilai thitung sebesar 12,694 dan ttabel sebesar 1,685. Karena thitung > ttabel atau 12,694 > 1,685, serta hasil dari nilai determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,804 maka Ha diterima, yang berarti bahwa pengaruh kualitas Free Body Diagram terhadap pemahaman konsep fisika adalah sebesar 80,4%.Temuan ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara Free Body Diagram yang dibuat oleh siswa dengan pemahaman mereka terhadap konsep fisika pada materi Hukum Newton.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: aprilla rizki maghfirah Aprilla
Date Deposited: 17 Jan 2025 07:58
Last Modified: 17 Jan 2025 07:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41916

Actions (login required)

View Item
View Item