Muhammad Muhdi, 200206048 (2025) Implementasi Sistem Administrasi Kepegawaian Berbasis E-Office Di Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Membahas Tentang Administrasi]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhammad Muhdi, 200206048 (2025).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (3MB)
Abstract
Pembangunan Indonesia bertujuan menciptakan manusia yang cerdas, damai, dan berpikiran terbuka. Keberhasilan pembangunan sangat bergantung pada efisiensi administrasi pemerintahan yang efektif. Perubahan dari sistem manual ke sistem E-Government merupakan langkah strategis dalam mendukung pembaharuan administrasi dengan memanfaatkan teknologi informasi sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik. Salah satu implementasinya adalah E-Office yang memungkinkan administrasi dilakukan secara digital, cepat, dan efisien. Selain meningkatkan produktivitas kerja E-Office juga mempercepat pengambilan keputusan dalam pemerintahan. Dengan E-Office pemerintahan lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem E-Office dalam administrasi kepegawaian dan pengawasan terhadap pelaksaan sistem E-Office. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif dengan mengunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu Operator E-Office, Kepala Kepala Sub Bagian Tata Usaha dan Karyawan Kantor Kementeerian Agama Kota Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem E-Office di Kantor Kementeerian Agama Kota Banda Aceh telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan efisiensi dan kualitas administrasi kepegawaian. Penggunaan sistem ini mempermudah alur kerja, mengurangi kesalahan, dan mempercepat pengelolaan dokumen, meskipun masih menghadapi kendala seperti kualitas jaringan internet dan keterbatasan fitur. Adaptasi pegawai terhadap sistem terus meningkat, namun diperlukan upaya lebih lanjut untuk meningkatkan integrasi dengan aplikasi eksternal, seperti SIMPEG, serta pengembangan fitur dan penyederhanaan antarmuka. Pengawasan yang sudah baik dapat diperkuat melalui kerja sama dengan pengembang dan komunikasi terbuka antar pemangku kepentingan. Upaya ini penting untuk mendukung efisiensi administrasi dan stabilitas sistem secara keseluruhan. Dapat disimpulkan pelaksanaan sistem E-Office di Kantor Kementerian Agama Kota Banda Aceh telah meningkatkan efisiensi dan kualitas administrasi, meskipun masih terdapat kendala adaptasi pegawai dan stabilitas jaringan. Dengan tingkat pemenuhan kebutuhan administrasi mencapai 75%, sistem ini mendapat respons positif dari penggunanya
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Muhammad Muhdi Muhdi |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 08:57 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 08:57 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41972 |