Nazirah, 200206030 (2025) Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Asesmen Nasional Berbasis Komputer di SMAN Keuluang Kabupaten Aceh Jaya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Strategi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Melalui Asesmen Nasional Berbasis Komputer di SMAN Keuluang Kabupaten Aceh Jaya]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NAZIRAH 200206030.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan menjadi satu kunci utama dalam menarik minat siswa baru dan para orang tua untuk mendaftar di SMAN Keuluang, hal ini dilihat dari potensi akademik yang terus meningkat setiap tahunnya, hal tersebut terdeteksi dengan adanya ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) sebagai program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud dan tidak lagi mengevaluasi pencapaian peserta didik secara individu akan tetapi mengevaluasi dan memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil. Penerapan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMAN Keuluang Aceh Jaya menghadapi beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam peningkatan kualitas pendidikan melalui ANBK di SMAN Keuluang Aceh Jaya, untuk mengetahui pelaksanaan ANBK yang dilakukan oleh kepala sekolah di SMAN Keuluang Aceh Jaya, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam peningkatan kualitas pendidikan melalui ANBK di SMAN Keuluang Aceh Jaya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitiannya terdiri dari kepala sekolah, guru, operator sekolah, dan peserta didik. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peran kepala sekolah dalam peningkatan kualitas pendidikan melalui ANBK di SMAN Keuluang Aceh Jaya terdapat empat peran utama yaitu sebagai educator, manajer,
administrator, dan supervisor yang mengelola perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi ANBK. (2) Pelaksanaan ANBK di SMAN Keuluang Aceh Jaya berjalan lancar dengan adanya koordinasi yang baik antara kepala sekolah, pengawas, proktor, teknisi, dan peserta didik, yang masing-masing menjalankan tugasnya
dengan jelas. (3) Kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam peningkatan kualitas pendidikan melalui ANBK di SMAN Keuluang Aceh Jaya mencakup tiga masalah yaitu gangguan jaringan, listrik dan cuaca buruk, namun dapat diatasi dengan solusi darurat seperti genset, hotspot, pembaruan perangkat, serta menghimbau peserta didik untuk tidak menggunakan seragam sekolah dari rumah jika sedang menghadapi cuaca buruk ketika jadwal ujian.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nazirah Nazirah |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 07:28 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 07:28 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41981 |