Rahmah Zahra Ayu Ningrum, 210202055 (2025) Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Susunan Jumlah Mufidah Di MIN 10 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Pada Susunan Jumlah Mufidah Di MIN 10 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Rahmah Zahra Ayu Ningrum, 210202055, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Media pembelajaran adalah alat atau bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membantu menyampaikan materi agar lebih mudah dipahami oleh peserta didik.media pembelajaran merupakan perantara antara guru dan peserta didik untuk menyampaikan ide, informasi, atau konsep secara efektif, salah satu media pembelajaran adalah media big book, media big book dipilih karena memiliki kelebihaan dalam memvisualisasikan konsep melalui gambar yang berukuran besar dan big book memiliki desain dan warna yang sangat menarik sehingga peserta didik mudah memahami materi yang disampaikan. Media ini berguna untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang jumlah mufidah, karena murid menganggap bahasa arab ini sangat sulit dan membosankan, dalam pembelajaran bahasa arab jumlah mufidah merupakan salah satu aspek yang penting sering kali menjadi tantangan bagi peserta didik karena struktur dan maknanya. Dan berdasarkan pengamatan peneliti bahwa siswa kelas 4 A di min 10 Banda Aceh tidak mampu membuat jumlah mufidah dengan baik dan juga kurangnya latihan bahasa arab dalam struktur kalimat, dan kurangnya kombinasi guru terhadap media pembelajaran yang akan diterapkan dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan kurangnya semangat dan motivasi dan minat peserta didik dalam pembelajaran bahasa arab, untuk mengatasi masalah tersebut. peneliti ingin menggunakan media big book ini untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam jumlah mufidah di MIN 10 Banda Aceh, adapun tujuan peneliti adalah untuk mengetahui keefektifan media big book. Peneliti ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain (one group pre-test, post-test).sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 4 B di MIN 10 Banda Aceh yang berjumlah 28 orang.untuk pengumpulan data peneliti menggunakan lembar Pre-test dan Post-test serta angket, dan metode analisi data peneliti menggunakan “SPSS 23”. Adapun hasil pre-test dan post testmemperoleh tingkat signifikan (2-tailed). 000<0,05 setelah uji T menggunakan program “SPSS 23”. Ini menunjukkan bahwa hipotesis alternative (Ha) dapat diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Ini membuktikan bahwa penggunaan media big book efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam jumlah mufidah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Rahmah Zahra Ayu Ningrum Ningrum |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 07:37 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 07:37 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/41995 |