Nadyatul Hikmah, 200209090 (2025) Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Video Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Di MIN 22 Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Nadyatul Hikmah, 200209090 (2025).pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Nadyatul Hikmah, 200209090 (2025).pdf
Download (3MB)
Abstract
Hasil belajar siswa kelas IV MIN 22 Aceh Besar masih tergolong rendah, disebabkan oleh kurangnya inovasi dalam model pembelajaran dan minimnya penggunaan media yang menarik minat siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menganalisis aktivitas guru, (2) untuk menganalisis aktivitas siswa, (3) untuk menganalisis minat belajar siswa, dan (4) untuk menganalisis hasil belajar siswa melalui penerapan model discovery learning berbantuan video animasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada berbagai aspek. (1) Aktivitas guru pada siklus I mencapai 83,33% (kategori baik) dan meningkat menjadi 90,14% (kategori sangat baik) pada siklus II. (2) Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 81,57% (kategori baik) meningkat menjadi 92,10% (kategori sangat baik) pada siklus II. (3) Minat belajar siswa juga menunjukkan peningkatan, dengan persentase kategori sangat tinggi naik dari 79,14% pada siklus I menjadi 81,10% pada siklus II. (4) Selain itu, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan signifikan, di mana ketuntasan siswa meningkat dari 56% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning berbantuan video animasi efektif dalam meningkatkan aktivitas, minat, dan hasil belajar siswa kelas IV MIN 22 Aceh Besar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nadyatul Hikmah |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 08:00 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 08:00 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42035 |