تطوير وسيلة Pocket Book ببرنامج Canva لسهولة الطلاب علي حفظ المفردات بـ MTsS Mutaallimin Aceh Besar

Arifky Rizaldi Imran, 200202151 (2025) تطوير وسيلة Pocket Book ببرنامج Canva لسهولة الطلاب علي حفظ المفردات بـ MTsS Mutaallimin Aceh Besar. Other thesis, UIN AR-RANIRY BANDA ACEH.

[thumbnail of skripsi valid_bab 1.pdf] Text
skripsi valid_bab 1.pdf - Published Version

Download (2MB)
[thumbnail of skripsi valid.pdf] Text
skripsi valid.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media Pocket Book dari buku cetak serta mengetahui kelayakan dan efektivitasnya dalam mempermudah siswa menghafal kosakata. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan (metode 4D) seperti yang dikemukakan oleh S. Thiagarajan. Peneliti melakukan pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif menggunakan teori Miles & Hubberman dan secara kuantitatif menggunakan persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media Pocket Book dari buku cetak dilakukan melalui empat langkah utama. 1. Definisi: analisis awal: buku cetak yang digunakan di sekolah berukuran besar sehingga sulit dibawa siswa ke mana saja. analisis siswa: siswa merasa kesulitan saat menghafal kosakata karena buku yang digunakan sulit untuk dibawa ke mana saja, sehingga mereka merasa malas saat belajar dan menghafal. analisis isi: materi dalam buku terdiri atas tiga bab; dan perumusan tujuan pembelajaran: membantu siswa menghafal kosakata dengan mudah dan lebih efektif. 2. Desain: yang meliputi penyusunan uji coba awal: soal terdiri dari sepuluh pertanyaan tentang jam. pemilihan bentuk: menggunakan format Pocket Book. dan desain produk: dibuat dengan aplikasi Canva. 3. Pengembangan: yang mencakup revisi produk: hasil validasi menunjukkan persentase kelayakan dari segi isi dan bahasa sebesar 75% serta dari segi desain sebesar 97% dan perbaikan produk: penambahan warna agar lebih menarik bagi pembaca, perubahan desain sampul agar lebih bervariasi dan menarik, serta penyesuaian gambar agar lebih jelas dan berwarna, serta uji coba produk: hasil uji coba menunjukkan bahwa buku yang dikembangkan efektif untuk mempermudah siswa dalam menghafal kosakata. 4. Penerbitan: yang bertujuan memanfaatkan media Pocket Book yang telah dikembangkan untuk membantu guru dan siswa dalam pembelajaran kosakata.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pocket book, Aplikasi Canva, Kosakata.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 400 Languages (Bahasa)
400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Arifky Rizaldi Imran Rifky
Date Deposited: 17 Jan 2025 07:51
Last Modified: 17 Jan 2025 07:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42077

Actions (login required)

View Item
View Item