Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMAN 1 Teupah Selatan

Mukti Tri Nanda, 200201104 (2025) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMAN 1 Teupah Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan    Akhlak Siswa di SMAN 1 Teupah Selatan] Text (Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMAN 1 Teupah Selatan)
SKRIPSI MUKTI TRI NANDA - Copy (2).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[thumbnail of Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan    Akhlak Siswa di SMAN 1 Teupah Selatan] Text (Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa di SMAN 1 Teupah Selatan)
SKRIPSI MUKTI TRI NANDA - Copy (2) - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pembinaan akhlak merupakan hal yang sangat didambakan dalam proses pendidikan, karena akhlak membuat manusia menjadi beradab serta bertingkah laku yang baik. peran yang dilakukan guru di sekolah sudah cukup baik melalui metode yang dilakukan guru dalam membina sekaligus membentuk kembali akhlak siswa melalui pembelajan PAI, namun masih ada sebagian siswa di SMAN 1 Teupah Selatan yang harus terus selalu dibina akhlaknya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka tujuan penelitian ini yaitu: a) untuk mengetahui bagaimana metode dan yang dilakukan oleh guru dalam membentuk akhlak siswa melalui pembelajaran PAI, b) untuk mengetahui apa saja problematika dan usaha solutif yang dilakukan oleh guru PAI dalam pembinaan akhlak siswa. Penelitian ni merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode yang digunakan guru dalam membentuk akhlak melalui pembelajaran PAI yaitu guru menggunakan metode bervariasi menyesuaikan dengan materi yang diajarakan sepeti metode pembelajaran efektif dan interaktif seperti ceramah, diskusi kelompok dan demonstrasi. Problematika dan usaha yang dihadapi adalah adanya pengaruh lingkungan luar serta keluarga yang kurang terlalu memperhatikan aktifitas anak di rumah. Solusi yang dilakukan guru PAI adalah bekerja sama dengan pihak sekolah serta pihak orangtua siswa dan menciptakan lingkungan sekolah yang baik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mukti Tri Nanda Mukti
Date Deposited: 17 Jan 2025 07:46
Last Modified: 17 Jan 2025 07:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42174

Actions (login required)

View Item
View Item