Membuat Modul Interaktif Pembelajaran Materi V-LAN (Virtual Local Area Network) SMK 5 Telkom Di Banda Aceh

Melda Amalia, 180212008 (2024) Membuat Modul Interaktif Pembelajaran Materi V-LAN (Virtual Local Area Network) SMK 5 Telkom Di Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-raniry.

[thumbnail of E-modul, Pembelajaran Interaktif, VLAN, Canva, ADDIE] Text (E-modul, Pembelajaran Interaktif, VLAN, Canva, ADDIE)
Melda Amalia, 180212008, FTK, PTI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan memegang peranan yang teramat sangat penting untuk menjamin kelangsungan hidup manusia dalam berbangsa dan bernegara. Dengan pendidikan manusia memiliki nilai, pengetahuan dan sikap dalam menentukan keputusannya. Dalam melaksanakan pendidikan di era industri 4.0 dunia pendidikan di harap dapat beradaptasi terhadap perkembangan dan penggunaan teknologi untuk mendorong terlaksananya pendidikan berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang di harapkan. Perkembangan teknologi electronic Module (E-modul) mendorong terjadinya gabungan antara teknologi cetak dengan teknologi smartphone dalam kegiatan belajar mengajar. Modul kertas dapat di transformasikan penyajiannya dalam bentuk elektronik, sehingga munculnya E-modul. E-modul dapat di gunakan untuk melengkapi bahan ajar yang digunakan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran serta menerapkan kegiatan pembelajaran yang menggunakan media elektronik di butuhkan bahan ajar yang lain yaitu E-modulyang merupakan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik dalam mempelajari materi pelajaran secara mandiri yang dalam penggunaannya menggunakan media Elektronik.Untuk pengumpulan data menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan perolehan data dari hasil kuesioner pada SMK 5 Telkom. Berdasarkan hasil observasi pada SMK 5 Telkom Di Banda Acehpada saat proses belajar dan mengajar pada materi V-LAN (Virtual Local Area Network) Peneliti menemukan beberapa permasalahan yang terlihat dari peserta didik yaitu: rendahnya minat belajar ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan dan rendahnya respon peserta didik terhadap materi yang disampaikan guru khususnya pada materi V-LAN. Maka peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana jika peneliti Membuat E-Modul Interaktif Pembelajaran Materi V-LAN (Virtual Local Area Network) SMK 5 Telkom Di Banda Aceh. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat E-modul interaktif pembelajaran materi V-LAN (Virtual Local Area Network) SMK 5 Telkom Di Banda Aceh menggunakan Canva. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) pada simulasi perencanaan V-LAN (Virtual Local Area Network)Trunk Mode. Metode ADDIE adalah pendekatan populer dalam pengembangan dan desain pembelajaran. Dengan hasil kelayakan 86% ahli materi, 86% ahli media dan 64% respon responden.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: Melda Amalia Melda
Date Deposited: 17 Jan 2025 08:58
Last Modified: 17 Jan 2025 08:58
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42218

Actions (login required)

View Item
View Item