Muhammad Iqbal, 210202183 (2025) Penggunaan Media Gambar Dengan Model Derby Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Kemampuan Membaca Di SMP Swasta Islam Al Falah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
![[thumbnail of Penggunaan Media Gambar Dengan Model Derby Reading Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menguasai Kemampuan Membaca Di SMP Swasta Islam Al Falah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Muhammad Iqbal, 210202183, FTK, PBA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (6MB)
Abstract
Permasalahan pada proses pengajaran bahasa Arab terhadap siswa di SMP Swasta Islam Al Falah tidak bisa menguasai keterampilan Membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektivitas penggunaan gambar dalam model Derby Reading dan responsif siswa terhadap model Derby Reading yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca di kelas tiga (A) SMP Swasta Islam Al Falah. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode Eksperimental yang dirancang oleh One Group Prest-Test Design. Peneliti menggunakan kuesioner dan pra-dan pasca-pertanyaan sebagai cara untuk mengumpulkan data. Sedangkan untuk hasil students’ sebagai jawaban, mereka mendapat persentase 86,08% pada soal positif, dan 13,88% pada soal negatif. Buktinya, hasil Wilcoxon Signed Ranks Test menggunakan program “SPSS 22”, hasil tingkat signifikansi (sig) 0,008 lebih kecil dari 0,05, yang menunjukkan bahwa hipotesis alternatif dapat diterima dan hipotesis nol ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa menggunakan gambar dengan model Derby Reading Sangat Efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di SMP Swasta Islam Al Falah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 000 Computer Science, Information and System |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muhammad Iqbal |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 08:17 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 08:17 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42231 |