Desi Auliyani, 180201201 (2025) Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MAN 1 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MAN 1 Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Desi Auliyani, 180201201, FTK, PAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
![[thumbnail of Efektivitas Penggunaan Media Audio Visual Pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MAN 1 Aceh Besar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Desi Auliyani, 180201201, FTK, PAI - Cover - bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
SKI merupakan pembelajaran dengan materi peristiwa-peristiwa yang telah terjadi, pelajaran tersebut sering dianggap kurang menarik oleh siswa karena cenderung membosankan dan sulit dipahami. Dengan demikian penyampaian materi akan lebih efektif jika menggunakan media audio visual. MAN 1 Aceh Besar merupakan salah satu sekolah yang menggunakan media audio visual dalam pembelajaran SKI. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1.Bagaimana proses pembelajaran SKI dengan media audio visual di kelas X 3 MAN 1 Aceh Besar? 2. Bagaimana efektivitas penggunaan media audio visual dalam pembelajaran SKI di MAN 1 Aceh Besar? 3.Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat penggunaan media audio visual dalam pembelajaran SKI MAN 1 Aceh Besar? Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan Dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Proses pembelajaran SKI di kelas X3 MAN 1 Aceh Besar dengan media audio visual ada tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Efektivitas penggunaan media audio visual pada pembelajaran SKI dapat dilihat dari segi aspek keefektivan yaitu aspek tujuan atau fungsi, rencana atau program, ketentuan atau aturan, dan tujuan atau kondisi ideal dimana keempat aspek tersebut dinyatakan efektif. Faktor pendukung adalah adanya minat dan keinginan peserta didik, Sarana dan prasana tersedia dan materi yang relavan. Faktor penghambat adalah keterbatasan perangkat dalam proses pembelajaran, materi pembelajaran yang masih terbatas,
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas, Media Audio Visual, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Desi Auliyani |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 08:14 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 08:14 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42235 |