Fira Mauliza, 210202021 (2025) Pengembangan Kitab Mulakhas Qawaid Al-lughah Al-‘Arabiyah dengan Menggunakan Peta Konsep dan Penggunaannya dalam Pembelajaran Nahwu. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Pengembangan Kitab Mulakhas Qawaid Al-lughah Al-‘Arabiyah dengan Menggunakan Peta Konsep dan Penggunaannya dalam Pembelajaran Nahwu]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI - FIRA MAULIZA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
![[thumbnail of Pengembangan Kitab Mulakhas Qawaid Al-lughah Al-‘Arabiyah dengan Menggunakan Peta Konsep dan Penggunaannya dalam Pembelajaran Nahwu]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI - FIRA MAULIZA - Copy.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (5MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, siswa mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran nahwu dengan menggunakan kitab mulakhas qawaid al-lughah al-‘arabiyah tanpa mengembangkan media pembelajaran seperti peta konsep. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengembangkan kitab mulakhas qawaid al-lughah al-‘arabiyah dengan peta konsep, khususnya pada bab Inna dan saudaranya. Adapun tujuan dalam penelitian ini: 1) untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan kitab mulakhas qawaid al-lughah al-‘arabiyah dengan peta konsep dalampembelajaran nahwu, 2) untuk mengetahui validasi media peta konsep dalam pembelajaran nahwu. Adapun metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode research and development dengan menggunakan model Sugiyono. Alat penelitian yang digunakan adalah lembar obsevasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Langkah-langkah pengembangan kitab mulakhas qawaid al-lughah al-‘arabiyah dengan peta konsep terdiri dari analisis kebutuhan dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, dan revisi produk. 2) Peta konsep layak digunakan dalam pembelajaran setelah dilakukan penilaian oleh para ahli. Hasil ahli dari segi isi dan bahasa adalah 95% (sangat layak) dan hasil ahli dari segi desain adalah 97,5% (sangat layak).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Fira Mauliza Fira |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 08:14 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 08:14 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42239 |