Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP/MTs

Izatul Sarifa, 190205084 (2025) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Learning Cell Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP/MTs. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

[thumbnail of Model Cooperatif Tipe The LearningCell, Hasil Belajar] Text (Model Cooperatif Tipe The LearningCell, Hasil Belajar)
Izatul Sarifa, 190205084, FTK, PMA, 081269316896.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Hasil belajar adalah penilaian terhadap kemampuan siswa sebagai ukuran untuk mengetahui capaian hasil pembelajaran matematika siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Kenyataannya berdasarkan berbagai evaluasi, hasil belajar matematika siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat membuat hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik. Maka model yang dapat meningkatkan hasil belajar adalah model Cooperatif Tipe The Learning Cell. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Cooperatif Tipe The Learning Cell untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen desain penelitiannya berupa pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Tapaktuan dengan pemilihan sampel menggunakan random sampling, dari 4 kelas terpilih satu kelas eksperimen yaitu kelas VIII-1. Dengan uji-t berpasangan diperoleh bahwa 〖 t〗_hitung>t_tabel yaitu 8,72 > 1,72 yang berarti terima H_1 dan tolak H_0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran The Learning Cell

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Izatul sarifa Sifa
Date Deposited: 17 Jan 2025 08:57
Last Modified: 17 Jan 2025 08:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42251

Actions (login required)

View Item
View Item