Muliani, 180201102 (2025) Penggunaan Multimedia dalam Mata Pelajarana Fiqih Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VII MTsN 1 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Penggunaan Multimedia dalam Mata Pelajarana Fiqih Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VII MTsN 1 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Desi Auliyani, 180201201, FTK, PAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB) | Request a copy
![[thumbnail of Penggunaan Multimedia dalam Mata Pelajarana Fiqih Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VII MTsN 1 Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Desi Auliyani, 180201201, FTK, PAI - Cover - bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (2MB)
Abstract
Penggunaan multimedia dalam pembelajaran berfungsi sebagai perantara dalam menyampaikan materi pembelajaran, sehingga memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Banda Aceh merupakan salah satu madrasah yang menggunakan multimedia dalam pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar dan memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran khususnya pada mata pelajaran Fiqih. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana fungsi penggunaan multimedia pada mata pelajaran fiqih dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VII MTsN 1 Banda Aceh serta faktor pendukung dan penghambat penggunaan multimedia dalam mata pelajaran fiqih untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VII MTsN 1 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia dalam mata pelajaran fiqih sudah sangat berfungsi dalam peningkatan motivasi belajar siswa, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi pelajaran dan lebih aktif dalam kegiaatan pembelajaran. Penggunaan multimedia dalam mata pelajaran fiqih juga terdapat faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya yaitu, tersedianya sarana dan prasarana berupa LCD proyektor di setiap kelas, waktu belajar yang optimal dan minat belajar dari siswa. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi, kurangnya sarana dan prasarana seperti tidak adanya pengeras suara (speaker), keterbatasan kipas angin, jaringan internet dan listrik yang sering mati.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia, Mata Pelajaran Fiqih, Motivasi Belajar |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muliani Muliani |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 08:56 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 08:56 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42264 |