Dhea Audria, 200205049 (2025) Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Peningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP/MTs. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
![[thumbnail of Pengaruh Pembelajaran Berdiferensiasi terhadap Peningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP/MTs]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI Dhea Audria 200205049.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (11MB)
Abstract
Setiap siswa memiliki karakteristik yang berbeda, seperti minat, gaya belajar, dan kemampuan dalam menerima materi pelajaran. Keragaman ini sering menjadi tantangan dalam proses pembelajaran, terutama jika kegiatan pembelajaran yang tidak merata. Oleh karena itu maka salah satu usaha yang dapat dilakukan guru pada permasalahan tersebut adalah menerapkan pembelajaran yang berdiferensiasi. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan pembelajaran yang dilatar belakangi akan kebutuhan belajar murid yang berbeda-beda. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII di MTs Negeri 3 Banda Aceh, yang dibagi menjadi kelas eksperimen dengan pembelajaran berdiferensiasi dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. berdasarkan uji-t hipotesis dengan uji pihak kanan (uji-t) pada taraf signifikan 5% (α = 0,05) diperoleh nilai t_hitung > t_tabel yaitu 8,92 > 1,68 maka sesuai dengan kriteria pengujian tolak H_0 dan terima H_1. Sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran berdiferensiasi lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Dhea Audria |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 08:17 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 08:17 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42276 |