Febrina Fatin Hamama, 190603103 (2025) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Penerima Gaji Pensiun Pada Bank Aceh Syariah Cabang Blangpidie. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Penerima Gaji Pensiun Pada Bank Aceh Syariah Cabang Blangpidie]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
FEBRINA FATIN HAMAMA 190603103 FEBI PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (4MB)
Abstract
Kualitas pelayanan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah karena hal tersebut berkaitan langsung dengan pelayanan yang diberikan kepada nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah penerima dana pensiun pada Bank Aceh Syariah Cabang Blangpidie. Kualitas pelayanan pada penelitian ini menggunakan lima indikator yaitu Responsiviness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), Tangible (Bukti Langsung), Empathy (Perhatian), dan Reliability (Kehandalan). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner atau angket. Objek penelitian ini adalah nasabah penerima dana pensiun pada Bank Aceh Syariah Cabang Blangpidie. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner dengan sampel 96 nasabah penerima dana pensiun dengan teknik penentuan sampel menggunakan rumus lemeshow. Metode penelitian yang digunakan adalah analasis regresi linear berganda dengan menggunakan bantuan software IBM SPSS versi 29. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa variabel Responsiviness (Daya Tanggap), Assurance (Jaminan), Tangible (Bukti Langsung), Empathy (Perhatian), dan Reliability (Kehandalan) secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah penerima dana pensiun pada Bank Aceh Syariah Cabang Blangpidie. Variabel Assurance (Jaminan) dan Tangible (Bukti Langsung) secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan nasabah penerima dana pensiun pada Bank Aceh Syariah Cabang Blangpidie. Sedangkan variabel Responsiviness (Daya Tanggap), Empathy (Perhatian), dan Reliability (Kehandalan) secara parsial tidak berpengaruh terhadap kepuasan nasabah penerima dana pensiun pada Bank Aceh Syariah Cabang Blangpidie.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah |
Depositing User: | Febrina Fatin Hamama |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 08:55 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 08:55 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42288 |