Analisis Proses Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri

Faras Arinal, 200205020 (2025) Analisis Proses Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Penalaran] Text (Analisis Penalaran)
Analisis Proses Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri-1-36.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of Analisis Penalaran] Text (Analisis Penalaran)
Analisis Proses Penalaran Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Matematika merupakan disiplin ilmu yang diajarkan di berbagai jenjang pendidikan, mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, karena memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Penguasaan matematika memungkinkan seseorang untuk mengembangkan pola pikir sistematis, membangun dugaan dan melakukan penalaran logis. Namun, beberapa siswa mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan penalaran matematis karena berbagai faktor, seperti metode pengajaran, pemahaman konsep, dan motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penalaran matematis siswa dalam menyelesaikan masalah geometri. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode interpretative phenomenological analysis (IPA) Penelitian ini dilakukan di SMP Swasta Babul Maghfirah. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Swasta Babul Maghfirah berjumlah 26 siswa. Data dari penelitian ini diperoleh dari hasil tes, wawancara dan pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa pada kategori critical reflection mampu menyelesaikan soal dengan sistematis dan logis di semua indikator. Siswa dengan kategori explicit reflection memerlukan scaffolding untuk membantu mereka menyajikan data dan memverifikasi hasil. Sebaliknya, siswa pada kategori tidak dapat menyelesaikan soal menunjukkan kesulitan di semua indikator akibat lemahnya pemahaman konsep geometri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Faras Arinal
Date Deposited: 17 Jan 2025 08:57
Last Modified: 17 Jan 2025 08:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42292

Actions (login required)

View Item
View Item