Analisis Penggunaan Video Pembelajaran Interaktif dalam Kurikulum Merdeka di RA Al-Ikhsan Prada

Auliyani, Liya (2025) Analisis Penggunaan Video Pembelajaran Interaktif dalam Kurikulum Merdeka di RA Al-Ikhsan Prada. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan video pembelajaran interaktif] Text (Penggunaan video pembelajaran interaktif)
Auliyani_190210030_ SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[thumbnail of Penggunaan video pembelajaran interaktif] Text (Penggunaan video pembelajaran interaktif)
Auliyani_190210030_ BAB I.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (753kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal ditemukan bahwa pembelajaran menggunakan Video Pembelajaran Interaktif belum dijalankan secara optimal, dibuktikan dengan penggunaan video pembelajaran interaktif hanya dilakukan sekali dalam seminggu, dikarenakan adanya kendala saat menggunakan video pada saat proses pembelajaran. Sebaiknya Penggunaan Video Pembelajaran Interaktif di laksanakan secara optimal, dikarekana Video pembelajaran interaktif memberikan manfaat bagi siswa yaitu lebih mudah memahami informasi baru yang diberikan oleh guru yang disajikan dalam bentuk gambar dan suara tertentu yang menarik dan inovatif. Tujuan penelitian untuk menganalisis penggunaan video pembelajaran interaktif dalam kurikulum merdeka di RA Al-Ikhsan Prada dan Kendala dalam Menggunakan Video Pembelajaran Interaktif. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa pedoman wawancara dan observasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 2 guru kelas A di RA Al-Ikhsan. Hasil penelitian ini menunjukkan RA Al-Ikhsan Prada sudah menggunakan Kurikulum Merdeka sejak 2 tahun lalu, dan proses pembelajaran juga sudah menggunakan Kurikulum Merdeka, kurikulum merdeka mendukung proses pembelajaran menggunakan video pembelajaran interaktif, dikarenakan video pembelajaran interaktif sangat efektif untuk membantu proses pembelajaran. RA Al-Ikhsan Prada belum mennggunakan video pembelajaran interaktif, dibuktikan dengan guru hanya menggunakan video pem belajaran biasa yang berasal dari You Tube, Tiktok, dan Fecebook. Dikarenakan terdapat kendala yaitu kurangnya perangkat sekolah yang mendukung untuk menggunakan video pembelajaran interaktif, seperti kurangnya laptop ataupun komputer

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 700 Arts and Recreation > 770 Photography, Computer Arts, Film, Video (Fotografi, Seni komputer, Film, Video) > 779.092 Foto (Photography)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Auliyani liya
Date Deposited: 17 Jan 2025 08:57
Last Modified: 17 Jan 2025 08:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42299

Actions (login required)

View Item
View Item