Rizki, Sahrul (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. Other thesis, UIN AR-RANIRY BANDA ACEH.
![[thumbnail of kemampuan pemecahan masalah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sahrul Rizki, 190205077, PMA-1-53.pdf - Published Version
Download (904kB)
![[thumbnail of Sahrul Rizki, 190205077, PMA.pdf]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sahrul Rizki, 190205077, PMA.pdf
Download (6MB)
![[thumbnail of Kemampuan Pemecahan Masalah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Sahrul Rizki, 190205077, PMA_compressed (1).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa merupakan salah satu indikator penting dalam proses pembelajaran matematika, karena menunjukkan sejauh mana siswa dapat menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari. Namun, kenyataannya, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa masih tergolong rendah, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang lebih efektif. Salah satu model yang dianggap dapat meningkatkan kemampuan tersebut adalah model pembelajaran Learning cycle 7E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Learning cycle 7E lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen berupa quasi experimental design dengan desain penelitian Pretest-Posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 16 Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling, dengan kelas VII-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji-t, kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Learning cycle 7E lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | PEMBIMBING Khusnul Sahrina, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP |
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | SAHRUL RIZKI |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 09:18 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 09:18 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42316 |