Muhammad Fajar Ramazi, 180202209 (2025) ahlilu a’wamilu suubah fi ta’limi sharfu bistighdam kitabi matnul bina i wal asas bima’hadi dayah mini aceh besar. Other thesis, Uin ar-raniry.
![[thumbnail of membahas tentang menganalisi kesusahan siswa dlam belajar]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
skripsi ramazi (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan siswa dalam mempelajari ilmu sharaf dengan menggunakan kitab 'Matn al-Binaa wal-Asas'. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan angket. Subjek penelitian terdiri dari siswa dan pengajar di Dayah Mini Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami istilah-istilah sharaf, kompleksitas materi, serta dalam menghafal kaidah-kaidah sharaf. Selain itu, waktu yang tersedia untuk pengajaran juga dinilai tidak cukup. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode pembelajaran yang lebih interaktif dan sumber tambahan untuk mendukung pemahaman siswa. Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan metode pengajaran ilmu sharaf di lembaga pendidikan.
Kata Kunci: Ilmu Sharaf, Kesulitan Pembelajaran, Kitab 'Matn al-Binaa wal-Asas'
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 400 Languages (Bahasa) > 470 Latin Language (Bahasa Latin) 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muhammad Fajar Ramazi Cek Boy |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 09:26 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 09:26 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42343 |