Multazam, 180404054 (2025) Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Emping Melinjo Dalam Meningkatkanekonomi Keluarga (Studi Penelitian Di Desa Jurong Baro Kecamatan Glumpang Baro Kabupaten Pidie). Other thesis, Uin ar-raniry.
![[thumbnail of membahas tentang usaha kecil dan menengah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI MULTAZAM 5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (1MB)
![[thumbnail of membahas tentang usaha kecil dan menengah]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI AKHIR MULTAZAM FIX (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul “Peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Emping Melinjo Dalam Meningkatkan Ekonomi Keluarga (Studi Penelitian Di Desa Jurong Baro Kecamatan Glumpang Baro Kabupaten Pidie)”. Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu bidang usaha yang lumrah dikerjakan oleh sebagian masyarakat Indonesia yang mana negara tersebut masih dikategorikan sebagai negara berkembang. UMKM berperan sangat penting, khususnya dari persfektif kesempatan kerja dan sumber pendapatan bagi kelompok miskin, distribusi pendapatan dan pengurangan kemiskinan, serta pengembangan ekonomi pedesaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) emping melinjo dalam mengembangkan usahanya dan bagaimana peran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) emping melinjo dalam meningkatkan ekonomi keluarga. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dikembangkan oleh UMKM emping melinjo dalam mengembangkan usahanya adalah diperlukan beberapa strategi, yaitu strategi produk yang dilakukan yaitu dengan cara memproduksi emping melinjo dengan varian rasa, seperti yaitu dari yang mentah, orgininal, rasa caramel, ras jagung dan rasa balado. Srategi penjualan yang dilakukan yaitu dengan adanya peran dan partisipasi para pekerja serta memanfaatkan media online untuk meningkatkan penjualan. Strategi pasar yag dilakukan yaitu dengan cara mempromosikan produk emping melinjo di media online dan mengikuti setiap kegiatan expo dan bazar. Strategi distribusi yang dilakukan adalah bekerjasama dengan agen dan reseller untuk mendistribusikan produk. UMKM Emping Melinjo di Desa Jurong Baro, Kecamatan Glumpang Baro, Kabupaten Pidie telah berperan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, hal tersebut dapat dilihat melalui pemberdayaan masyarakat khususnya ibu rumah tangga di Desa Jurong Baro, Kecamatan Glumpang Baro, Kabupaten Pidie dalam menjangkau sumber daya produktif berupa melinjo dan terbukanya peluang tenaga kerja walaupun belum secara maksimal dan dapat meningkatkan pendapatan keluarga serta membantu meringankan beban suami dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.
Kata Kunci: Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Peran Usaha Mikro Kecil
Menengah (UMKM) dan Strategi Pengembangan UMKM.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Mul Multazam |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 09:57 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 09:57 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42354 |