Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di Sma 7 Banda Aceh

Syarafina, 190201181 (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di Sma 7 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di Sma 7 Banda Aceh] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di Sma 7 Banda Aceh)
Desi Auliyani, 180201201, FTK, PAI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di Sma 7 Banda Aceh] Text (Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X Di Sma 7 Banda Aceh)
Desi Auliyani, 180201201, FTK, PAI - Cover - bab 1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan adalah kunci pembangunan bangsa, termasuk melalui Pendidikan Agama Islam yang membentuk akhlak siswa. Rendahnya hasil belajar di SMA Negeri 7 Banda Aceh menunjukkan perlunya solusi, seperti model pembelajaran berbasis masalah (PBL), yang melibatkan siswa aktif, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan mendukung kebijakan Merdeka Belajar untuk pembelajaran lebih relevan dan kolaboratif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas X SMA Negeri 7 Banda Aceh tahun ajaran 2023/2024. Adapun pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deksriptif dengan metode kualitatif. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling dari siswa kelas X SMA Negeri 7 Banda Aceh yang berjumlah 54 orang siswa dan 2 orang guru PAI. Hasil menunjukkan bahwa penerapan model PBL dalam pembelajaran PAI terbukti efektif meningkatkan pemahaman, motivasi, dan partisipasi siswa, yang merasa lebih tertarik, percaya diri, dan mandiri dalam memecahkan masalah. Model ini juga membantu pengembangan keterampilan berpikir kritis dan mempermudah siswa mengingat materi, sehingga hasil belajar mereka meningkat. Meskipun menghadapi tantangan seperti kesulitan tugas dan kerja sama kelompok, dampak positif PBL tetap dominan dengan dukungan pembagian peran yang jelas dan waktu penyelesaian tugas yang memadai.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil Belajar, Pendidkan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Syarafina Syarafina
Date Deposited: 17 Jan 2025 09:50
Last Modified: 17 Jan 2025 09:50
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/42357

Actions (login required)

View Item
View Item